Jakarta (ANTARA) - Psikolog Dompet Dhuafa Maya Sita Darlina mengatakan bahwa keluarga jenazah yang meninggal akibat COVID-19 membutuhkan dukungan dari warga, bukan penolakan.

"Masing-masing menurut saya perlu fokus pada acuan aturan atau protokol yang sudah disediakan pemerintah," katanya melalui pesan tertulis kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Pada tiap-tiap individu, katanya, yang bisa dilakukan adalah fokus pada apa yang bisa dilakukan secara pribadi sesuai protokol kesehatan yang ditentukan.

Baca juga: Psikolog tekankan pentingnya jaga kesehatan mental saat PSBB

"Kalau sejak penanganan perlu treatment khusus, maka sebaiknya masyarakat tidak ambil langkah sendiri yang gegabah sehingga tidak menjadi sumber masalah baru," katanya.

"Ketika menolak jenazah yang akan dimakamkan, cobalah bayangkan saja bagaimana rumitnya diri kita jika itu terjadi pada keluarga kita sendiri. Sudah stres, lelah, pada saat akhir pun menemui masalah," katanya lebih lanjut.

Di tengah kesimpangsiuran informasi, warga disarankan untuk berkonsultasi dengan RT/RW setempat, kemudian berkoordinasi juga dengan aparat yang berwenang.

Warga, kata dia, perlu memberikan dukungan terbaiknya kepada keluarga yang ditinggalkan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan sehingga tetap aman dan tidak membahayakan lingkungan.

Baca juga: Psikolog: Masyarakat butuh hiburan bukan panggung saling kritik

"Misalnya jika diperlukan, warga bisa melakukan penyemprotan di rumah duka. Tentu perlu pendekatan yang wajar agar (keluarga tersebut) tidak tersinggung," katanya.

Di tengah suasana duka dan banyak keterbatasan, warga dapat menyampaikan rasa empatinya melalui media teknologi yang tersedia.

"Kalau mengunjungi rumah duka berbahaya, maka warga bisa berkirim pesan melalui WhatsApp, video call ataupun cara lain yang bisa menjadi alternatif sebagai bentuk perhatian," katanya.

Baca juga: Psikolog: Perlu persiapan dini hadapi dampak psikologis PSBB
Baca juga: Psikolog: Penting kelola stres di tengah pandemi COVID-19
Baca juga: Psikolog: Penting mengelola stres selama pandemi COVID-19

Pewarta: Katriana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020