Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Rabu (15/4) mulai dari neraca perdagangan RI pada Maret 2020 yang mengalami surplus 743,4 juta dolar AS, hingga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang telah dinyatakan sehat setelah terpapar COVID-19.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. BPS catat neraca perdagangan RI Maret 2020 surplus 743,4 juta dolar
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai neraca perdagangan Indonesia pada Maret 2020 mengalami surplus 743,4 juta dolar AS dengan nilai ekspor 14,09 miliar dolar AS dan impor 13,35 miliar dolar AS.

"Tentunya angka ini menggembirakan di tengah situasi saat ini yang tidak menentu, tapi kita tetap perlu mewaspadai komposisi impor kita," kata Kepala BPS Suhariyanto yang disiarkan secara langsung di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Presiden Jokowi siapkan langkah mitigasi dampak COVID-19 bagi UMKM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan empat langkah untuk memitigasi dampak COVID-19 terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas secara virtual terkait Program Mitigasi Dampak COVID-19 terhadap UMKM dari Istana Merdeka Jakarta, Rabu, menekankan empat hal dalam mitigasi dampak COVID-19 terhadap UMKM.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Indonesia siap produksi 16.000 APD standar WHO per hari
Pelaku industri domestik dalam waktu dekat akan memproduksi 16.000 alat pelindung diri (APD) setiap harinya dengan kriteria yang sesuai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang dalam konferensi pers secara virtual usai rapat terbatas di Jakarta, Rabu, mengatakan pihaknya melalui Balai Besar Tekstil Kementerian Perindustrian sudah bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Kemudian kerja sama itu juga diperluas dengan melibatkan Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API).

Berita selengkapnya klik di sini

4. Menteri ESDM teken penetapan harga gas industri 6 dolar/MMBTU
Menteri ESDM Arifin Tasrif telah meneken Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 8 Tahun 2020 yang memutuskan Penyesuaian harga gas untuk Industri, termasuk kebutuhan PLN menjadi 6 dolar AS per MMBTU (Millions British Thermal Units).

Berdasarkan pasal 3 ayat 1 regulasi itu, harga gas bumi tertentu di titik serah pengguna gas bumi (plant gate) ditetapkan sebesar 6 dolar AS per MMBTU. Harga gas tersebut diperuntukkan bagi tujuh golongan industri yakni pupuk, petrokimia, oleochemical, baja, keramik, kaca, dan sarung tangan karet.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Dinyatakan sehat, Menhub Budi Karya kembali pulang ke rumah
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah kembali pulang ke rumah setelah dinyatakan sehat akibat sakit karena terpapar Virus Corona baru atau COVID-19 yang kemudian dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) hampir satu bulan sejak 14 Maret 2020.

“Menteri Perhubungan, Bapak Budi Karya Sumadi, beberapa hari lalu telah kembali di kediaman setelah dirawat di RSPAD,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati kepada Antara di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020