Polda Kalbar gelar donor darah dampak COVID-19

Polda Kalbar gelar donor darah dampak COVID-19

Antisipasi kebutuhan darah untuk masyarakat disaat pandemi COVID-19 seperti ini, Polda Kalimantan Barat bekerjasama dengan PMI Provinsi Kalbar mengelar aksi donor darah di Mako Brimob. (Istimewa)

Pontianak (ANTARA) - Untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan darah masyarakat di saat pandemi COVID-19, Polda Kalimantan Barat bekerja sama dengan PMI provinsi setempat menggelar donor darah di Mako Brimob.

"Donor darah ini dilakukan serentak oleh jajaran kepolisian di seluruh Indonesia. Ini dalam rangka mengantisipasi kebutuhan darah untuk melayani masyarakat yang membutuhkan," kata Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Donny Charles Go di Pontianak, Jumat.

Baca juga: KSAD instruksikan TNI AD lawan COVID-19 dengan donor darah

Baca juga: Kapolri terbitkan surat telegram ajak anggotanya donor darah


Setidaknya 124 personel Polda Kalbar ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya.

Donny menambahkan sebelumnya PMI mengajukan permohonan bantuan untuk melakukan donor darah ke Kepolisian RI guna mengantisipasi kebutuhan pada saat pandemic COVID-19.

“Dalam kondisi merebaknya wabah virus Corona, kegiatan donor darah yang telah dilakukan tetap berpedoman pada protokol pencegahan COVID-19, dengan melakukan physical distancing,” katanya.

Dari hasil kegiatan donor darah tersebut, Polda Kalbar berhasil mengumpulkan 112 kantong darah dengan berbagai macam golongan darah.

Baca juga: Menipis dampak COVID-10, Gubernur Aceh Ajak masyarakat donor darah

"Hasil donor darah yang kami lakukan itu langsung diserahkan ke PMI Provinsi Kalbar. Semoga darah yang terkumpul itu dapat mengatasi ketersediaan darah di wilayah kita pada saat pandemi COVID-19 ini," ujarnya.
Pewarta : Andilala dan Slamet Ardiansyah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020