Pada situasi wabah COVID-19, perubahan jadwal sangat mungkin terjadi
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menerima 1.106 mahasiswa baru S1 reguler dari total pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 sebanyak 17.356 peserta.

Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru UI (PMB UI) Dr Gunawan dalam keterangan tertulisanya, Rabu, mengatakan para calon mahasiswa untuk rutin mengecek informasi/pengumuman di situs www.penerimaan.ui.ac.id maupun sosial media UI, seperti twitter dan instagram @univ_indonesia agar selalu terinformasi mengenai jadwal seleksi.

Baca juga: 1.720 orang masuk UNS melalui SNMPTN

"Pada situasi wabah Covid-19, perubahan jadwal sangat mungkin terjadi," katanya.

Gunawan mengatakan bagi mereka yang belum lulus, jangan putus semangat, tetap berjuang mempersiapkan diri menuju seleksi-seleksi berikutnya dan kesempatan masih terbuka luas.

Lebih lanjut, Gunawan juga mengungkapkan bahwa pada tahun ini, sejumlah program studi yang paling banyak diminati oleh peserta SNMPTN 2020 adalah Pendidikan Dokter, Sistem Informasi, dan Ilmu Komputer pada jurusan IPA, sedangkan pada jurusan IPS yang paling banyak peminatnya adalah Ilmu Hukum, Psikologi, dan Akuntansi.

Baca juga: 96.496 siswa lulus SNMPTN 2020

Hasil SNMPTN 2020 diumumkan hari ini (8/4) melalui http://pengumuman.snmptn.ac.id dan atau http://snmptn.ui.ac.id. Informasi registrasi (daftar ulang) mahasiswa baru UI yang diterima melalui SNMPTN 2020 dapat dilihat melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id dengan mengisikan nomor peserta SNMPTN.

Pada tahun 2020 ini, UI menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan yaitu SNMPTN (dengan kuota 20 persen) ; SBMPTN (30 persen) ; dan SIMAK UI (50 persen).

Bagi para calon mahasiswa yang belum berhasil lulus pada SNMPTN 2020 dapat kembali mencoba kesempatan seleksi pada SBMPTN 2020 yang periode perdaftarannya akan berlangsung pada 2 - 20 Juni 2020, dan atau pada SIMAK UI dengan periode pendaftarannya yang akan UI umumkan kemudian.

Baca juga: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi gelar UTBK 5-12 Juli 2020

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020