Cegah corona, Pramuka Babel serahkan instalasi cuci tangan di pasar

Cegah corona, Pramuka Babel serahkan instalasi cuci tangan di pasar

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Babel Melati Erzaldi Rosman menyerahkan bantuan kepada pengelola Pasar Higienis Selindung Pangkalpinang, Senin (6/4/2020). ANTARA/Aprionis

Pangkalpinang (ANTARA) - Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan bantuan instalasi cuci tangan, alat pelindung diri, dan alat penyemprotan disinfektan ke pengelola pasar tradisional
guna mencegah penyebaran virus corona baru (COVID-19) di kawasan publik.

"Kami berharap dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mencuci tangan dan berperilaku hidup bersih serta sehat," kata Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Babel Melati Erzaldi Rosman saat menyerahkan bantuan itu ke pengelola Pasar Higienis Selindung Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan anggaran untuk bantuan peralatan cuci tangan, masker, dan penyemprotan disinfektan itu menggunakan berasal dari pengalihan anggaran Kwarda Pramuka setempat.

"Kita memilih titik-titik yang cukup ramai lalu lintas orangnya, termasuk titik-titik pasar yang paling krusial penularan virus corona ini, karena kita memang mengajak masyarakat untuk sering mencuci tangan," ujarnya.

Dia mengharapkan bantuan itu  akan lebih mengoptimalkan gerakan mencuci tangan menggunakan sabun dan perilaku hidup bersih serta sehat masyarakat, sehingga dapat mencegah penularan virus corona dan penyakit lainnya.

"Penggunaan 'hand sanitizer' (cairan pembersih tangan) memang perlu, tapi mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun jauh lebih baik," katanya.

Baca juga: Kawasan Halte Ratu Plaza dilengkapi "wastafel portabel"

Ia meminta kwarcab di kabupaten/kota untuk turut aktif memberikan pengarahan kepada masyarakat dalam mengantisipasi penularan virus corona.

"Kampanyekan kepada warga untuk pemakaian masker, bagi yang sakit ataupun yang tidak sakit, karena cukup efektif untuk mengurangi penyebaran virus," ujarnya.

Lurah Selindung Baru, Yasrizaldi, mengucapkan banyak terima kasih kepada Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kepulauan Babel yang telah menyerahkan bantuan itu untuk digunakan pengunjung pasar setempat.

"Alat cuci tangan ini benar-benar bermanfaat untuk pencegahan penyebaran virus COVID-19. Oleh karena itu, diminta pengunjung pasar ini untuk mencuci tangan setelah membeli berbagai kebutuhan pokok di pasar ini agar tangan kita terbebas dari kuman dan virus penyakit berbahaya," katanya.

Baca juga: Dokter: Cuci tangan 20 detik secara benar bisa membunuh virus corona
Baca juga: Palembang sediakan puluhan titik fasilitas cuci tangan
Pewarta : Aprionis
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020