Pada saat yang sama, kita akan menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, suatu kondisi sosioreligius yang selama ini selalu disiapkan dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Ikatan Alumni Universitas Diponegoro Semarang (IKA Undip) bersama Djarum Foundation menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada dua rumah sakit untuk menunjang penanganan virus corona baru (COVID-19).

Sekretaris Jenderal DPP IKA Undip Desmon Hastiono melalui pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, menyebutkan dua RS tersebut, yakni RSUP dr Kariadi Semarang dan RS Nasional Diponegoro (RSND) Semarang.

Kepada RSUP dr Kariadi, bantuan secara simbolis diserahkan Desmon mewakili Ketua Umum DPP IKA UNDIP, bersama Purnomo Nugroho dan Arvi perwakilan dari Djarum Foundation, diterima Direktur Utama RSUP dr Kariadi Semarang dr Agus Suryanto Sp.PD, didampingi Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian RSUP dr Kariadi Semarang yang juga Ketua DPD IKA UNDIP Jawa Tengah dr. Dodik Tugasworo Pramukarso, Sp.SK.

Untuk RSND, bantuan APD diterima Dr. dr. Dwi Pujonarko, Sp.SK, selaku Dekan Fakultas Kedokteran Undip. Penyerahan bantuan 75 APD di dua RS tersebut dilakukan pada Senin.

"Pemerintah tidak mungkin sendiri dalam menangani virus corona ini. Perlu partisipasi aktif dari elemen-elemen masyarakat untuk ikut serta membantu, baik dari BUMN, perusahaan swasta, perkumpulan masyarakat, yayasan, tokoh masyarakat, maupun masyarakat secara langsung pada umumnya. Untuk itulah, IKA Undip terpanggil melakukan aksi sosial ini bersama Djarum Foundation," katanya.

Ia menjelaskan IKA Undip terus melakukan penggalangan dana, baik oleh alumnus fakultas, jurusan, dan komunitas yang ada di jajaran IKA Undip.

Ia mengatakan hasil pengumpulan dana tersebut akan disumbangkan kepada jajaran IKA Undip di berbagai daerah yang memerlukan APD, untuk selanjutnya disalurkan ke rumah sakit di wilayahnya.

Baca juga: Kemendikbud serahkan bantuan APD ke relawan dan rumah sakit

Secara aktif, IKA Undip juga melakukan penggalangan dana bersama organisasi alumnus perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni).

"Alhamdulillah, Kamis (3/4) lalu, Himpuni telah melakukan aksi sosial di Jakarta, dengan mendatangi dan menyumbang alat-alat medis, yaitu masker dan 'hand sanitizer' (cairan pembersih tangan) melalui berbagai RS, puskesmas, komunitas masyarakat di terminal dan halte. Semua berjalan lancar dan banyak mendapatkan apresiasi dari masyarakat," katanya.

Mengingat hingga saat ini masih terjadi pandemi COVID-19, kata dia, jajaran IKA Undip akan tetap terus melakukan upaya penggalangan dana.

"Pada saat yang sama, kita akan menghadapi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, suatu kondisi sosioreligius yang selama ini selalu disiapkan dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat," kata Desmon.

IKA Undip juga mengapresiasi keikutsertaan Djarum Foundation dalam aksi sosial itu, dan mengajak seluruh elemen masyarakat terlibat dalam aksi-aksi sosial, khususnya membantu masyarakat terdampak COVID-19 dan kalangan medis yang membutuhkan banyak bantuan.

"Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi petugas, dokter, dan paramedis dalam menangani dan melayani masyarakat, dengan suasana yang sehat dan menyehatkan," katanya.

Public Affair Djarum Foundation Purnomo Nugroho berharap dengan bantuan tersebut para tenaga medis lebih terlindungi dan meningkatkan rasa aman dalam melayani para pasien COVID-19.

"Kita sama-sama berdoa dan berharap akan situasi ini agar tidak berkepanjangan," katanya.

Baca juga: Indonesia terima ribuan alat tes COVID-19 dari Singapura
Baca juga: Pemprov Kaltim Distribusikan Bantuan APD dari Pusat
Baca juga: Lampung dapat bantuan 2.000 APD dari pusat

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020