segeralah melapor dan memeriksakan diri ke fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada secara sukarela
Palu (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu mengingatkan warga berpartisipasi dalam upaya bersama mencegah penyebaran virus corona baru (COVID-19).

"Jika baru pulang dari daerah yang terpapar COVID-19, apalagi di daerah yang dinyatakan zona mereka, segeralah melapor dan memeriksakan diri ke fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada secara sukarela," kata Kepala Dinkes Kota Palu dr Huzaimah di Palu, Minggu sore.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Palu tidak bisa bekerja sendiri, tanpa bantuan masyarakat, untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah tersebut.

Kepada warga setempat yang mengetahui ada orang-orang yang baru pulang dari daerah-daerah yang dimaksud, seperti DKI Jakarta, kata dia, agar meminta yang bersangkutan segera memeriksakan diri atau menghubungi tim surveilans Dinkes Palu.

"Saya minta tolong bagi orang-orang yang pernah berhubungan atau kontak langsung dengan penderita yang positif COVID-19 agar sukarela melapor dan memeriksakan diri," ujarnya.

Terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan penderita virus corona, Dinkes Palu akan melakukan pemeriksaan.

"Tetap menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), 'social distancing' atau jaga jarak, berdiam diri di rumah, dan tidak berkumpul di tempat umum untuk memutus mata rantai penularan COVID-19," ujarnya.

Hingga Minggu, warga Palu yang positif terinfeksi COVID-19 bertambah menjadi empat orang, satu di antaranya meninggal dunia.

Baca juga: DPRD minta warga datang dari luar daerah lapor, cegah COVID-19
Baca juga: Cegah COVID-19, Pemkab Bangka Tengah ingatkan warga tetap di rumah
Baca juga: MPR ajak masyarakat disiplin terapkan lima langkah cegah COVID-19


Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020