Antisipasi COVID-19, GKI Siloam ibadah Minggu secara "live streaming"

Antisipasi COVID-19, GKI Siloam ibadah Minggu secara

Ilustrasi - Uskup Agung Semarang Mgr. Robertus Rubiyatmoko memimpin perayaan Misa Mingguan melalui media daring (online) di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (21/3/2020). ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/aww.

Jayapura (ANTARA) - Gereja Kristen Injili Siloam Waena Kelurahan Yabansai, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua memberlakukan ibadah Minggu sepanjang April 2020 melalui "live streaming" sedangkan umat mengikuti dari rumah masing-masing untuk mencegah penyebaran virus corona baru (COVID-19).

Ketua Pelaksana Harian Majelis Jemaat GKI Siloam Waena, Pendeta Yosina Rejauw di Jayapura, Minggu, menjelaskan langkah tersebut menindaklanjuti surat edaran Pelaksana Harian Majelis Jemaat GKI Siloam Waena pada 28 Maret 2020 tentang antisipasi penyebaran COVID-19.

Terkait dengan upaya pencegahan penyebaran virus itu, pihaknya memutuskan beberapa hal terkait ibadah, yakni ibadah Minggu selama April 2020, yakni Jumat Agung dan Ibadah Paskah I dan II dilaksanakan dengan "live straiming" atau siaran langsung sehingga anggota jemaat dapat mengikuti dari rumah masing-masing.

Ibadah melalui siaran langsung dari Facebook dan Youtube itu, dilaksanakan pada pukul 09.00 WIT sedangkan pada pukul 06.00 dan 18.00 WIT sebagaimana pada situasi normal, ditiadakan.

Ia mengatakan liturgi untuk ibadah Minggu, Ibadah Jumat Agung dan Ibadah Paskah akan dibagikan kepada setiap keluarga melalui majelis lingkungan.

Baca juga: Uskup: Tenaga medis teladan solidaritas di tengah pandemi COVID-19

Apabila dalam ibadah-ibadah yang dilaksanakan dalam keluarga ada pengumpulan persembahan syukur, katanya, dapat diserahkan kepada majelis lingkungan.

"Apabila ada pokok doa dari keluarga-keluarga/anggota jemaat diharapkan dapat diserahkan pada setiap Sabtu melalui majelis lingkungan," ujarnya.

Dia menyebutkan ibadah setiap malam di dalam keluarga tetap dilaksanakan dengan menggunakan liturgi yang disiapkan pelayan I dan II, serta dapat mengikuti siaran langsung renungan malam setiap pukul 21.00 WIT.

"Peneguhan sidi jemaat dan perjamuan kudus, ditunda pelaksanaannya sampai dengan situasi normal kembali," tambah dia.

Baca juga: Umat Katolik Timika ibadah Minggu Palma melalui "video streaming"
Baca juga: Imam Masjid Istiqlal jelaskan anjuran Nabi soal ibadah di masa bencana
Pewarta : Musa Abubar
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020