Motor Bhabinkamtibmas "disulap" jadi mesin penyemprot disinfektan

Motor Bhabinkamtibmas

Bripka Fakhrin Ilham bersama Babinsa melakukan penyemprotan disinfektan ke lingkungan sekolah menggunakan motor Bhabinkamtibmas yang telah dimodifikasi. (ANTARA/Firman)

Banjarbaru (ANTARA) - Upaya maksimal mencegah penyebaran virus corona ditunjukkan anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Landasan Ulin Utara, Polres Banjarbaru, Polda Kalimantan Selatan bernama Bripka Fakhrin Ilham, dengan "menyulap" motor patroli Bhabinkamtibmas menjadi mesin penyemprot cairan disinfektan.

Ide kreatif itu muncul setelah Fakhrin melihat banyak kawasan di wilayah binaannya yang tak bisa dijangkau mobil besar dalam penyemprotan disinfektan guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Alhamdulilah setelah dimodifikasi, kendaraan patroli yang sehari-hari saya gunakan kini bisa difungsikan untuk melakukan penyemprotan," terangnya di Banjarbaru, Minggu.

Pembuatan mesin pompa ala motor Bhabinkamtibmas itupun terbilang cukup sederhana. Fakhrin hanya mengalihkan aliran gas di mesin motor yang berputar ke selang untuk penyemprotan dan juga ke arah dua jeriken berisi cairan disinfektan kapasitas masing-masing 30 liter.

Cara kerjanya, derasnya air yang disemprotkan bergantung tingkat kecepatan gas yang ditarik pada motor.

"Dua jeriken ini cukup melakukan penyemprotan di satu lingkungan sekolah. Jika habis, tinggal saya isi lagi untuk melanjutkan penyemprotan," jelas polisi yang berdinas di Polsek Banjarbaru Barat itu.
Bripka Fakhrin Ilham bersama Babinsa melakukan penyemprotan disinfektan ke lingkungan sekolah menggunakan motor Bhabinkamtibmas yang telah dimodifikasi. (ANTARA/Firman)


Bersama anggota Babinsa dan aparat Kelurahan Landasan Ulin Utara, Fakhrin telah berkeliling wilayahnya melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan kendaraan yang telah dimodifikasinya tersebut.

Gang-gang sempit di perumahan penduduk hingga sekolah, mushalla dan area publik lainnya tak luput jadi sasaran penyemprotan.

Fakhrin pun terus mengedukasi masyarakat wilayah binaannya agar senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan, sehingga terhindar dari paparan virus corona.

Kemudian mengingatkan warga juga agar tak berkumpul di luar dan lebih memilih tinggal di rumah sementara wabah penyakit ini masih terjadi. Sesuai dengan Maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona, aparat dapat mengambil tindakan pembubaran orang atau massa yang berkerumun dalam jarak dekat dan sejenisnya.

Sementara Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso mengapresiasi inovasi kreatif dari anggotanya tersebut. Menurut dia, Bhabinkamtibmas memang menjadi garda terdepan dalam memberikan edukasi ke masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus corona.

"Salut untuk kinerja terbaiknya dari Bripka Fakhrin Ilham. Di tengah wabah corona ini, dia hadir dengan inovasi membantu masyarakat. Mari kita semua bersatu berbuat dalam upaya pencegahan agar virus penyakit ini segera dapat diatasi. Dengan berdiam di rumah, masyarakat sudah membantu memutus mata rantai penyebarannya," tandas Doni didampingi Kapolsek Banjarbaru Barat AKP Andri Hutagalung.
Baca juga: Cegah corona, TNI AD siapkan kendaraan khusus penyemprot disinfektan
Baca juga: PMI siapkan armada khusus penyemprot disinfektan antisipasi COVID-19
Baca juga: LPMK se-Surabaya dibekali satu paket penyemprot disinfektan dan APD
Pewarta : Firman
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020