Jakarta (ANTARA) - Informasi berita politik penting yang terjadi pada Jumat (3/4) masih menarik untuk disimak, mulai dari Presiden China Xi Jinping berkomunikasi dengan Presiden RI Joko Widodo melalui sambungan telepon, membagi pengalaman bangsanya berhasil keluar dari masa sulit pandemik COVID-19, hingga Indonesia menerima ribuan alat tes COVID-19 dari Singapura.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca hari ini.

1. Xi Jinping bagi pengalaman hadapi COVID-19 ke Jokowi melalui telepon

Presiden China Xi Jinping saling berkomunikasi dengan Presiden RI Joko Widodo melalui sambungan telepon dan Xi membagi pengalaman bangsanya berhasil keluar dari masa sulit pandemik COVID-19.

"Terima kasih telah berbagi pengalaman," kata Presiden Jokowi kepada Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping melalui sambungan telepon di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis sore.

Dalam perbincangan tersebut, kedua kepala negara membahas soal penanganan pandemik COVID-19.

Berikut berita selengkapnyan disini

2. Jumat, Cawagub DKI akan jalani fit and proper test teleconfrence

Ketua panitia pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah menyebut pihaknya merencanakan melakukan uji kepatutan dan kelaikan (fit and proper test) dari jarak jauh atau teleconfrence untuk calo wakil gubernur DKI Jakarta.

Uji kepatutan dan kelayakan dari jarak jauh akibat virus corona ini, terdiri dari tanya jawab yang akan dilakukan oleh dua kandidat Wagub DKI, dan uji publik itu oleh setiap fraksi DPRD DKI Jakarta dengan teleconfrence dilangsungkan pada Jumat (3/3).

Berikut berita selengkapnyan disini

3. KRI disiapkan angkut kepulangan pekerja migran dari Malaysia

Panglima Komandan Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono menyebutkan sejumlah Kapal Republik Indonesia (KRI) disiapkan di Batam, Kepulauan Riau, untuk mengangkut kepulangan pekerja migran dari Malaysia.

Kogapwilham I sudah mengoordinasi pemulangan para tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia tersebut yang diperkirakan berjumlah 20 ribu orang.

Berikut berita selengkapnyan disini

4. Wapres Ma'ruf Amin dorong MUI keluarkan fatwa haram mudik

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk segera mengeluarkan fatwa haram terkait mudik Lebaran di tengah pandemik COVID-19 karena dapat menyebarluaskan virus tersebut ke berbagai daerah.

"Kami (pemerintah pusat) sudah juga mendorong MUI untuk menyatakan bahwa pada saat sekarang itu mudik itu haram hukumnya. Saya akan coba lagi dorong MUI untuk mengeluarkan, saya akan coba nanti supaya juga keluar tentang mudik," kata Wapres Ma'ruf Amin saat melakukan telekonferensi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat.

Wapres juga meminta Ridwan Kamil untuk melakukan langkah-langkah antisipatif dalam menghadapi masuknya pemudik dari kota-kota lain maupun kedatangan para pekerja migran negara asing.

Berikut berita selengkapnyan disini

5. Indonesia terima ribuan alat tes COVID-19 dari Singapura

Pemerintah Indonesia menerima bantuan berupa ribuan alat tes COVID-19 dari Pemerintahan Singapura yang diserahkan oleh Duta Besar Singapura untuk Indonesia, Anil Kumay Nayar.

Menurut Mendagri Tito Karnavian, Indonesia menerima bantuan sebanyak 10.000 alat tes. Tidak hanya alat tes COVID-19, Pemerintah Singapura juga memberikan bantuan dalam bentuk lain seperti alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis.

Berikut berita selengkapnyan disini

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020