KKP salurkan bantuan protein bagi tenaga medis sejumlah RS di Jakarta

KKP salurkan bantuan protein bagi tenaga medis sejumlah RS di Jakarta

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat menyerahkan paket protein Gemarikan untuk tenaga medis di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Jakarta, Kamis (2/4/2020). ANTARA/HO KKP/am.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyalurkan paket bantuan untuk menambah protein yang dibutuhkan oleh tenaga medis di sejumlah rumah sakit di berbagai wilayah DKI Jakarta, termasuk Rumah Sakit Persahabatan.

"Kami hadir di Rumah Sakit Persahabatan untuk menyerahkan secara simbolis dalam rangka ikut berpartisipasi dalan penanganan Covid-19," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat menyerahkan paket protein Gemarikan untuk tenaga medis di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan, Jakarta, Kamis.

Paket bantuan yang diberikan tersebut berupa abon ikan, kerupuk ikan, ikan kaleng, fish stick, sereal ikan dan ikan/udang krispi.

Baca juga: Antisipasi COVID-19, KKP siapkan layanan daring bagi pembudidaya

Rencananya, paket bantuan ini juga akan disalurkan untuk tenaga medis di 10 Rumah Sakit (RS) di Wilayah DKI Jakarta.

Berbagai RS tersebut adalah RSPAD Gatotsubroto, RSUP Fatmawati, RSAL Mintoharjo, RSUP Persahabatan, RSUD Pasar Minggu, RSU Bhayangkara Tk.I R. Said Sukanto, RSPI Sulianti Saroso, RSUD Cengkareng, RSAU Dr. Esnawan Antariksa, dan RS Islam Jakarta.

Pemberian paket bantuan tersebut adalah bagian dari program "Gemarikan Peduli Bencana Covid-19 Tahap-1".

"Kami memberikan penguatan di sektor makan. Mudah-mudahan ini cukup untuk menangkal virus. Obat-obatan sudah ada yang ngurus, APD sudah ada yang ngurus. Kami coba melalui pendekatan protein yaitu ikan," ujar Menteri Edhy.

Selain untuk tenaga medis, paket Gemarikan Peduli Bencana Covid-19 ini juga akan diserahkan kepada masyarakat terdampak.

Baca juga: RSUP Persahabatan terima bantuan alat kesehatan dari BIN

Kalangan warga yang terdampak di antaranya pekerja ojek online, sopir taksi, dan sopir angkutan umum lainnya untuk wilayah DKI Jakarta dan terminal Depok.

"Kami pastikan KKP terdepan mengawal protein melalui perikanan. Mudah-mudahan ini menjadi semangat bagi yang lain," ujar Menteri Edhy.

Sementara itu, Dirjen PDSPKP, Nilanto Perbowo mengungkapkan, total bantuan Tahap 1 yang dikucurkan sebesar Rp 513,7 juta berupa 28.600 unit olahan ikan. Produk itu dibeli dari UKM Pengolahan Hasil Perikanan di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Bandung dan Sukabumi.

Olahan ikan tersebut, masih menurut Nilanto Perbowo, terdiri dari 3.200 bungkus Abon Ikan, 3.200 bungkus Ikan/Udang Krispy, 1.500 bungkus Fish Chip, 1.000 bungkus Fish Stick, 3.700 bungkus Kerupuk Ikan, 500 bungkus Teri Krispy, 500 bungkus Sereal Ikan, dan 15.000 Ikan Kaleng.
Pewarta : M Razi Rahman
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020