Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo mengajak masyarakat Indonesia disiplin melakukan lima langkah pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 di Tanah Air.

"Saya meyakini situasi buruk tersebut hanya dapat dihentikan dengan kedisiplinan dari setiap warga negara dan gotong royong di antara semua pihak, termasuk pemerintah pusat dan daerah," kata Bambang dalam konferensi pers yang diadakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis.

Baca juga: Pemerintah pertimbangkan larang mudik Lebaran cegah penyebaran corona

Baca juga: Bantu sediakan APD, Wakil Ketua MPR ajak wakil rakyat potong gaji

Baca juga: Ketua MPR: Utamakan nilai kegotongroyongan hadapi COVID-19


Menurut Bambang, lima hal kedisiplinan yang harus dilakukan masyarakat Indonesia adalah di rumah saja, dilarang berdekatan dan berkumpul, cuci tangan pakai sabun dan jangan menyentuh wajah, tidak mudik dan tidak piknik, jika sakit gunakan telemedis atau datangi fasilitas kesehatan terdekat.

"Jika setiap warga negara semakin disiplin, semakin cepat kita akan terbebas dari COVID-19," tutur Bambang.

Ketua MPR juga mengajak segenap elemen bangsa Indonesia untuk bersama-sama membangun optimisme bahwa bangsa Indonesia pasti bisa melewati situasi sulit akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: BI dan pemerintah berupaya cegah dampak terburuk wabah COVID-19

Baca juga: Cegah COVID-19, BPS sampaikan hasil survei ekonomi via telekonferensi


"Adanya pasien yang berhasil sembuh membuktikan bahwa penyakit ini dapat kita taklukkan," ujar Bambang.

MPR memberikan dukungan penuh kepada upaya-upaya Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mendukung kinerja gugus tugas itu.

"MPR RI berkomitmen penuh untuk memastikan pemerintah dan seluruh elemen bangsa bersatu padu untuk melawan COVID-19," tuturnya.

Dia mengatakan negara hadir dan bisa menyelesaikan persoalan pandemi COVID-19 yang dihadapi bersama ini. "Saya yakin dan percaya kita akan melewati masa-masa sulit ini dengan bergandengan tangan dan bergotong-royong," tutur Ketua MPR.

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020