Padang Panjang adakan penyemprotan disinfektan massal, atasi COVID-19

Padang Panjang adakan penyemprotan disinfektan massal, atasi COVID-19

Pengendara motor melintasi bilik penyemprotan cairan disinfektan di Palangka Raya, Senin (30/3/2020). ANTARA FOTO/Makna Zaeza

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat akan melaksanakan penyemprotan disinfektan massal pada Selasa (31/3) sebagai tindak lanjut instruksi pemerintah pusat dalam upaya pencegahan penularan virus corona jenis baru (COVID-19).

Hal itu dibicarakan dalam rapat Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Virus Corona (PPVC) Padang Panjang bersama TNI dan Polri di ruang rapat BPBD Kesbangpol Padang Panjang, Senin.

Ketua Harian Satgas PPVC Padang Panjang Marwilis mengatakan untuk penyemprotan cairan disinfektan difokuskan di sepanjang jalan utama di daerah berjuluk "Serambi Mekkah" itu.

Tim kerja sudah dibagi, yaitu tim pertama Satlanlantas Polres, ambulans puskesmas, BPBD Kesbangpol, mobil penyemprot air dari Brimob Polda Sumbar, akan menuju arah barat di batas kota, Jembatan Kembar.

Tim dua, Dinas Perhubungan, BPBD, ambulans PMI, dan Damkar akan menuju arah Bukit Surungan dan terus berbelok ke jalan lingkar utara menuju Kacang Kayu, batas timur Padang Panjang dengan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar.

Baca juga: Bangka Barat giatkan penyemprotan disinfektan cegah COVID-19

Tim tiga, terdiri atas Satpol PP, mobil Linmas Polri, BPBD Kesbangpol, Dinas Kesehatan dan Damkar menuju arah batas kota, Kacang Kayu.

Penyemprotan akan dimulai dari pukul 08:30 WIB sampai selesai dengan titik kumpul di halaman BPBD Kesbangpol Kota Padang Panjang.

Selain penyemprotan disifektan secara massal, diberlakukan pemeriksaan kepada setiap orang yang masuk Padang Panjang di batas kota mulai Senin ini.

Setiap perbatasan kota telah disiapkan tenda dan Tim Satgas PPVC dengan pakaian yang lengkap. Petugas melakukan pemeriksaan suhu tubuh, kesehatan, serta menyemprotkan cairan disinfektan ke kendaraan dan warga yang akan melintasi Padang Panjang.

Ia mengharapkan langkah antisipasi tersebut dapat mengurangi risiko penularan virus tersebut di wilayah Padang Panjang.

Baca juga: Kapolri perintahkan penyemprotan disinfektan serentak pada Selasa
Baca juga: Cegah COVID-19, pasar tradisional di Mataram disemprot disinfektan

 
Pewarta : Miko Elfisha
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020