Pasien positif COVID-19 di Jambi bertambah satu orang

Pasien positif COVID-19 di Jambi bertambah satu orang

Juru Bicata Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi yang juga Karo Humas Provinsi Jambi Johansyah. (ANTARA/HO/Humas Pemprov Jambi)

Jambi (ANTARA) - Hasil uji laboratorium terhadap sampel swab pasien dalam pengawasan (PDP) di Provinsi Jambi yang dilakukan oleh Laboratorium Litbangkes Kementerian Kesehatan, menyatakan positif terpapar COVID-19 sehingga jumlah pasien positif virus corona menjadi dua orang. 

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah selaku Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Jambi, Senin malam, membenarkan satu pasien semula berstatus PDP berdasarkan hasil uji lab dinyatakan positif terjangkit.

"Pasien positif tersebut laki-laki usia 53 tahun. Total saat ini ada dua pasien positif COVID-19 di Provinsi Jambi," kata Johansyah.

Baca juga: Pemkot Jambi produksi APD untuk garda terdepan COVID-19

Sedangkan Orang Dalam Pengawasan (ODP), berdasarkan data Gugus Tugas Provinsi Jambi, Update 30 Maret pukul 17.00 WIB berjumlah 1.041 dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 18 orang.

Kemudian hasil lab untuk 18 orang sudah keluar, dan dua dinyatakan positif selebihnya negatif.

"Masih ada lima orang yang diuji lab dan kita masih menunggu hasil labnya keluar," kata Johansyah.

Baca juga: Lapas Jambi tidak menerima tahanan baru dan tutup kunjungan

Sementara itu upaya penanggulangan COVID-19 di Provinsi Jambi dilakukan dengan meningkatkan koordinasi tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVOD-19 di kabupaten/kota di daerah itu, di samping penanganan secara klinis.

Gerakan penyemprotan massal dengan menggunakan cairan disinfektan dilakukan secara serentak oleh tim gugus tugas di setiap daerah dengan sasaran pusat perkantoran, pemukiman penduduk dan fasilitas umum.

Seperti yang dilakukan di Kota Jambi, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Jambi melakukan penyemprotan dengan cairan disinfektan baik jalan raya maupun perkantoran yang dilakukan dengan mengerahkan kendaraan pemadam kebakaran, serta tim penyemprotan dengan menggunakan alat semprot biasa.

Hal sama dilakukan oleh Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Muarojambi, Kabupaten Batanghari serta daerah lainnya di Provinsi Jambi.

Partisipasi masyarakat dan perusahaan juga hadir memberikan bantuan baik dalam bentuk kegitan penyemprotan maupun memberikan bantuan alat untuk penyemprotan. Seperti di Kabupaten Muarojambi, sejumlah perusahaan memberikan bantuak alat semprot yang diserahkan ke BPBD Kabupaten Muarojambi.

Baca juga: Kapolda Jambi pimpin rapat gugus tugas penanganan COVID-19
 
Pewarta : Syarif Abdullah dan Dodi Saputra
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020