Aksi peduli UISU tersebut merupakan bagian dari kegiatan "dakwah bil hal", yakni dakwah yang disampaikan dengan mengutamakan perbuatan nyata dalam rangka mencegah penyebaran virus COVID-19
Medan (ANTARA) - Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah masjid di Kota Medan dan sekitarnya dalam upaya memutus mata rantai penularan virus corona jenis baru atau COVID-19.

"Hingga kemarin setidaknya sudah 10 masjid sudah dilakukan penyemprotan disinfektan," kata Rektor UISU Dr Yanhar Jamaluddin di Medan, Senin.

Sejumlah masjid yang telah disemprot disinfektan di antaranya adalah Masjid Baitul Amin, Mesjid Sunanul Huda dan Mesjid Baiturrahim di kawasan Kecamatan Medan Polonia, Mesjid Ar Rahman dan Nurul Falah di Medan Johor, Mesjid Ar Rivai di Medan Amplas, Masjid Nurul Huda di Medan Marelan, Masjid Al Jihad dan Al Iman di Medan Tembung dan Masjid Sulaimaniyah di Jalinsum Perbaungan.

Ia mengatakan, aksi peduli UISU tersebut merupakan bagian dari kegiatan "dakwah bil hal", yaitu dakwah yang disampaikan dengan mengutamakan perbuatan nyata dalam rangka mencegah penyebaran virus COVID-19 dengan mengutamakan masjid-masjid yang ada di Kota Medan.

Ke depan, katanya, jika memungkinkan kegiatan serupa akan dilakukan hingga Ramadhan 1441 Hijriah.

"Selama bulan Sya’ban ini UISU mengambil peran di tengah-tengah masyarakat. Semoga menjadi berkah bagi UISU. Hal itu sejalan dengan pencapaian visi UISU menjadi perguruan tinggi yang Islami, andal, teruji, bermartabat mulia dan dicintai masyarakat serta diridhoi Allah SWT," kata Yanhar Jamaluddin ​​​​​​.

Sementara Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof Ismet Danial Nasution mengatakan gerakan aksi peduli UISU itu merupakan implementasi Catur Dharma UISU yakni pengabdian dan dakwah islamiyah yang menjadi ciri khas UISU.

"Ini merupakan bentuk tanggung jawab moral UISU. Iringan doa yang tidak putus-putusnya dan kita berharap dapat terus melakukan aktivitas di tengah-tengah masyarakat," demikian Ismet Danial Nasution.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Sumut menjadi 14 orang, 2 meninggal dunia

Baca juga: UISU perguruan tinggi sehat di Sumut, sebut LLDikti

Baca juga: Tim Gabungan BPBD semprot disinfektan di USU

Baca juga: Seorang dokter dinyatakan positif COVID-19 di Medan

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020