Upaya-upaya yang dilakukan Petrokimia Gresik dapat membantu pemerintah dalam menekan laju penularan COVID-19, khususnya di Jatim
Gresik, Jatim (ANTARA) - Petrokimia Gresik mengirimkan bantuan ke posko tanggap COVID-19 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jawa Timur di Hotel Selorejo Kabupaten Malang dan Hotel Pesonna Surabaya, sebagai upaya mengantisipasi penyebaran dan penularan wabah corona.

Sekretaris Perusahaan Petrokimia Gresik Yusuf Wibisono di Gresik, Minggu mengatakan bantuan alat dan bahan yang dikirimkan yaitu dua buah disinfection chamber, 2 buah tenda posko, 380 botol hand sanitizer, 100 liter disinfektan untuk chamber, 1.000 liter disinfektan untuk penyemprotan masal dan masker sebanyak enam kotak.

Ia menjelaskan Petrokimia Gresik dipercaya oleh Kementerian BUMN menjadi Koordinator Satgas Tanggap COVID-19 BUMN di Jatim, dan melibatkan seluruh BUMN yang berkedudukan atau memiliki kantor perwakilan/cabang di Jatim.

"Sebagai Koordinator, kami telah menyusun tujuh action plan yang akan dijalankan bersama BUMN lainnya, dan pengiriman bantuan ini merupakan realisasi dari action plan yang telah disepakati bersama. Untuk pendisitribusian akan dilakukan secara bertahap ke posko-posko lainnya," kata Yusuf.

Sementara itu, beberapa action plan yang akan dilaksanakan Satgas Tanggap COVID-19 BUMN Jatim meliputi membangun Posko BUMN di tujuh titik antara lain di Rumah Sakit (RS) Lavalette Kota Malang, RS PHC Surabaya, Hotel Selorejo Kabupaten Malang, Hotel Pesonna Surabaya, RS Wonolangan Kabupaten Probolinggo, RS Djatiroto Lumajang, dan RS Elizabeth Situbondo.

Baca juga: Kementerian BUMN minta masyarakat tidak mudik cegah COVID-19
Baca juga: Menteri BUMN: Mereka yang kehilangan nyawa akibat COVID-19 mati syahid


“Untuk merealisasikannya, kami berkoordinasi dengan Kementerian BUMN dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan instansi lainnya terkait peran Satgas Penanganan COVID-19 oleh BUMN di Jatim," katanya.

Kemudian, membangun Data Center COVID-19 dan Sistem Informasi Tanggap Bencana sebagai bentuk monitoring agar BUMN dapat cepat dalam menanggapi kondisi atau perkembangan informasi terkait penanganan virus ini.

Selanjutnya menyusun, memproduksi dan mendisitribusikan buku saku atau brosur terkait pencegahan COVID-19, sebagai bentuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Aksi berikutnya adalah pengadaan dan distribusi Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan di Jatim dalam bentuk masker, gloves, pakaian anti virus, face shield, sepatu boots, dan lain sebagainya, dan kemudian memproduksi dan mendistribusikan hand sanitizer serta disinfektan sekaligus electric sprayer-nya.

“Kami memproduksi hand sanitizer dan disinfektan secara mandiri yang sudah memenuhi standar WHO, dan saat ini sudah siap untuk segera didistribusikan," katanya.

Baca juga: Menteri BUMN harap bantuan pencegahan COVID-19 terus mengalir
Baca juga: Bukit Asam gandeng China Huadian salurkan bantuan pencegahan COVID-19


Aksi lainnya, adalah melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat melalui berbagai platform media, sekaligus penyemprotan desinfektan bekerja sama dengan Pemkab atau instansi terkait di masing-masing daerah, serta melibatkan peran media massa, serta mendistribusikan rapid test kit yang disediakan oleh pemerintah.

"Terakhir, pandemi COVID-19 ini telah ditetapkan pemerintah sebagai bencana nasional dan telah berdampak besar pada berbagai sektor di Indonesia. Untuk itu, BUMN sebagai perusahaan milik negara harus bahu-membahu membantu pemerintah dalam upaya penanganan COVID-19, salah satunya melalui satgas ini," katanya.

Yusuf berharap, upaya-upaya yang dilakukan Petrokimia Gresik dapat membantu pemerintah dalam menekan laju penularan COVID-19, khususnya di Jatim.

"Sebagai koordinator wilayah Jatim, kami siap mengawal dan membantu pemerintah serta bersinergi dengan pihak lainnya dalam menangani wabah COVID-19 ini," katanya.

Baca juga: Kemenhub tegaskan tak ada mudik gratis BUMN dan swasta
Baca juga: Erick Thohir: Saatnya gotong royong dan berhenti saling menyalahkan

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Apep Suhendar
Copyright © ANTARA 2020