Polda Sumut penyemprotan massal, antisipasi penyebaran COVID-19

Polda Sumut penyemprotan massal, antisipasi penyebaran COVID-19

Personel Polda Sumatera Utara yang melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara massal di ruas jalan Kota Medan. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Utara bekerja sama dengan Kodam I/Bukit Barisan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut melakukan penyemprotan disinfektan secara massal di ruas jalan Kota Medan guna mengantisipasi penyebaran virus corona baru (COVID-19).

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin di Lapangan Merdeka Medan,Sabtu (28/3), mengatakan langkah tersebut sebagai salah satu bukti upaya pemerintah bertanggung jawab mengatasi pandemi virus corona yang hampir melanda seluruh Tanah Air.

Ia juga meningatkan seluruh masyarakat setempat agar tetap tenang dan tidak panik, serta tetap mengikuti anjuran pemerintah.

"Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemerintah melaksanakan penanganan virus corona dengan baik," ujar jenderal bintang dua polisi itu.

Baca juga: Tim Gabungan BPBD semprot disinfektan di USU

Martuani menjelaskan pemerintah memastikan selalu memberikan ketenangan kepada masyarakat, di tengah pandemi virus corona, salah satunya melalui upaya Polda Sumut dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

Polda Sumut dengan Kodam I/BB mempunyai komitmen memberikan ketenangan kepada masyarakat.

Ia mengakui adanya beberapa bahan baku pembuatan disinfektan yang kurang untuk mendukung kegiatan itu.

Namun, katanya, kemampuan sumber daya manusia Polda Sumut yang memadai sehingga bisa melakukan pembuatan disinfektan secara mandiri untuk menyemprot tempat-tempat publik.

"Kegiatan Ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan penyemprotan oleh Polda Sumut," ujarnya.

Ia menyebutkan upaya pemerintah dalam pencegahan virus corona tidak akan berdampak baik, jika tidak dibarengi kesadaran masyarakat turut memutus rantai penyebaran virus corona.

"Polda mengingatkan kepada masyarakat Sumut khususnya, untuk mengikuti protokol dan maklumat Kapolri, salah satunya untuk sementara waktu warga tetap berada di rumah hingga wabah virus corona ini benar-benar mereda," kata mantan Asisten Operasi (Asops) Kapolri itu.

Baca juga: Gudang kargo Bandara Sentani disemprot disinfektan cegah COVID-19
Baca juga: Polsek Tanjung Duren pasang bilik semprot disinfektan untuk tamu
Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020