Senin (23/3), RSUP Persahabatan merawat pasien di ruang IGD Isolasi berjumlah 24 pasien,
Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Jakarta pada Senin (23/3) merawat 24 pasien, di mana enam diantaranya positif COVID-19 dan 18 pasien lainnya merupakan pasien dalam pengawasan atau PDP.

"Senin (23/3), RSUP Persahabatan merawat pasien di ruang IGD Isolasi berjumlah 24 pasien, terdiri dari 12 pasien laki-laki dan 12 pasien perempuan di mana yang telah mempunyai hasil swab positif berjumlah enam pasien dan 18 pasien lainnya merupakan PDP," ujar Direktur Utama RSUP Persahabatan, dr. Rita Rogayah di Jakarta pada Senin.

Lebih lanjut Dirut RSUP Persahabatan itu mengatakan bahwa untuk perawatan di ruang isolasi saat ini terdapat 20 pasien yang terdiri dari laki-laki 14 pasien dan enam pasien perempuan.

"Ruang isolasi saat ini merawat pasien dengan hasil swab positif berjumlah 15 pasien dan lima pasien PDP," katanya.

Baca juga: RS Persahabatan perluas pelayanan untuk antisipasi tambahan pasien

Menurut dr. Rita Rogayah, saat ini ruang isolasi RSUP Persahabatan memiliki fasilitas CCTV yang memantau semua pasien dalam perawatan dan juga dipantau secara rutin oleh perawat yang menggunakan alat pelindung diri lengkap.

Sementara itu, jumlah pasien yang meninggal akibat wabah COVID-19 yang dirawat di rumah sakit tersebut selama periode 21-23 Maret berjumlah empat pasien.

"Tiga pasien merupakan dokter dan satu pasien profesor dengan usia masing-masing 34 tahun, 67 tahun, 79 tahun dan 70 tahun," kata dr. Rita Rogayah.

Dirut RS Persahabatan itu menambahkan bahwa dari keempat pasien yang meninggal tersebut, tiga di antaranya memiliki penyakit komorbid atau penyerta.

Sebelumnya Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur, menginformasikan bahwa dua lagi pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh pada Kamis (19/3).

Dirut RSUP Persahabatan Rita Rogayah mengatakan bahwa hingga saat ini total sembilan pasien yang semula dirawat di RSUP Persahabatan, Pulogadung, telah dinyatakan sembuh.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 jadi 579 di Indonesia, 49 meninggal

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2020