...kompetisi kegiatan ekspor juga akan terbagi dan volumenya jadi bertambah
Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia Tbk Wilayah IV  atau Pelindo IV menyiapkan tiga pelabuhan untuk kegiatan direct call atau pengiriman langsung ke luar negeri guna mendukung pasar komoditas di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Hal itu dikemukakan Dirut PT Pelindo IV Farid Padang di sela-sela  pengiriman komoditi ekspor Sulawesi Selatan di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan selama ini Makassar selalu menjadi hub untuk direct call dan direct export dari KTI. Berkaitan dengan hal itu, maka pihaknya juga menyiapkan pengiriman langsung ke luar negeri melalui SeaLand dari Terminal Peti Kemas Kariangau, sehingga sudah ada tiga pelabuhan kelolaan Pelindo IV yang melakukan kegiatan pelayaran langsung ke luar negeri.

“Yaitu Terminal Peti kemas Makassar (TPM), Makassar New Port (MNP), dan Terminal Peti kemas Kariangau, sehingga kompetisi kegiatan ekspor juga akan terbagi dan volumenya jadi bertambah,” kata Farid.

Baca juga: Nurdin Abdullah ingin jadikan Sulsel pengekspor terbesar di Indonesia

Sementara pengiriman komoditas ekspor Sulawesi Selatan baik hasil perkebunan maupun perikanan melalui Kapal Maersk Wolgast pertama kali dilakukan melalui TPM pada akhir pekan ini.

Adapun rute Kapal Maersk Wolgast untuk sejumlah negara Asia yaitu Tanjung Pelepas, Singapura, Makassar, Balikpapan, Tawau, Davao City, Cagayan de Oro, Shanghai, Ningbo Thilawa, dan Yangon.

Sementara itu terkait Virus corona yang sedang mewabah, pihaknya telah bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk terlebih dahulu memeriksa seluruh Anak Buah Kapal (ABK) Maersk Wolgast.

“Semua sudah dinyatakan clear and clean, sehingga kapalnya bisa sandar di TPM dan melakukan pengangkutan komoditas untuk dibawa ke negara tujuan,” katanya.

Baca juga: Pelindo IV perketat pemeriksaan kru kapal asing antisipasi corona
 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020