Buaya masuk ke permukiman warga di Kotawaringin Timur

Buaya masuk ke permukiman warga di Kotawaringin Timur

Arsip Foto. Petugas BKSDA Kalimantan Tengah Pos Jaga Sampit mengamankan buaya yang masuk ke kawasan permukiman warga. (BKSDA)

Sampit (ANTARA) - Satu buaya masuk ke permukiman warga Desa Palangan di Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, dan memangsa ternak babi milik warga.

"Bayangkan, babi seberat 35 kilogram bisa dimangsanya. Warga hanya sempat mendengar suara babi yang dimangsa buaya," kata Kepala Desa Palangan Delik di Sampit, Rabu.

Ia mengatakan bahwa pada Sabtu (8/3) satu buaya sempat naik ke dermaga. Warga yang rumahnya berdekatan dengan dermaga mengaku sempat melihat buaya yang kemudian masuk kembali ke sungai itu.

"Kini masyarakat semakin hati-hati saat berada di sungai. Warga tidak berani lagi mandi saat subuh dan malam hari karena takut diterkam buaya," kata Delik.

Dia sudah melapor ke Kepala Komandan Jaga Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah Pos Sampit, Muriansyah, mengenai kemunculan buaya itu.

"Rencana Sabtu nanti kami akan ke lokasi untuk melihat kondisinya, selanjutnya baru membawa alat tangkap. Saya minta masyarakat lebih waspada. Jangan menempatkan ternak dekat pinggir sungai karena itu bisa memancing buaya untuk datang," kata Muriansyah.

Muriansyah juga menganjurkan warga tidak beraktivitas di sekitar kawasan sungai saat hari gelap.

Baca juga:
BKSDA Agam pasang jaring antisipasi buaya muara masuk permukiman
Pengusikan habitat picu serangan buaya di Sungai Batang Anggang
Pewarta : Kasriadi, Norjani
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020