Kelimanya sudah ditetapkan sebagai tersangka
Jakarta (ANTARA) - Kabid Humas Polda Sulawesi Utara Kombes Pol Jules Abraham Abas mengatakan lima pelaku dalam kasus pelecehan seksual terhadap seorang siswi SMK di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulut, telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Kelimanya sudah ditetapkan sebagai tersangka," kata Kombes Jules saat dihubungi dari Jakarta, Selasa malam.

Namun demikian, kelima tersangka tidak ditahan, melainkan dikenakan sanksi wajib lapor setiap hari. "Tidak ada yang ditahan karena para pelaku masih pelajar. Selain itu, orang tua (pelaku) memberikan jaminan," ujarnya.

Baca juga: Polda Sumbar periksa oknum dosen tersangka pelecehan seksual

Meski para tersangka tidak ditahan, namun proses hukum tetap berjalan.

Lima pelaku adalah tiga siswa dan dua siswi. Tiga siswa tersebut berinisial RM, NP, dan PL. Sementara dua siswi berinisial NR dan PN.

Baik pelaku, maupun korban adalah murid-murid di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.

Baca juga: Nadiem minta waktu untuk cari solusi atasi kekerasan seksual di kampus

Dari hasil pemeriksaan sementara, motif pelaku melakukan aksinya adalah untuk bercanda di kelas saat menunggu guru masuk.

Atas perbuatannya, kelima pelaku disangkakan melanggar Pasal 82 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman minimal lima tahun, maksimal 15 tahun kurungan. Beberapa tersangka juga dikenakan pasal tambahan yakni Pasal 55 KUHP.

Sebelumnya beredar di media sosial sebuah video rekaman seorang siswi berpakaian seragam yang tergeletak di lantai sebuah ruangan. Siswi tersebut berupaya memberontak karena bagian tubuhnya digerayangi oleh beberapa siswa dan siswi lainnya. Namun demikian, siswi tersebut tidak bisa melawan karena tangan dan kakinya dipegangi oleh siswa-siswi tersebut.

Baca juga: Nadiem: Pelaku pelecehan seksual di dunia pendidikan harus dikeluarkan

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020