Surabaya (ANTARA) - Kepolisian Daerah Jawa Timur memberlakukan patroli siber mencegah beredarnya informasi palsu atau hoaks di tengah masyarakat terkait virus Corona (Covid-19).

"Kami akan melakukan langkah-langkah dengan patroli siber untuk menindak maraknya berita hoaks mengenai virus Corona," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa.

Pihaknya juga melaksanakan lintas koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Dinas Kesehatan mengenai Covid-19.

Selain itu, dia mengimbau semua pihak untuk mengedepankan empati dan tidak membuat hoaks terkait dengan Covid-19 serta tidak membuat rasa ketakutan masyarakat.

Baca juga: Cara hindari stres karena panik hadapi informasi virus corona

Baca juga: Jerman laporkan 28 kasus baru infeksi corona

Baca juga: Pemkot Surabaya tak punya kewenangan tolak kedatangan kapal pesiar


"Polri akan melakukan langkah penegakan hukum apabila nantinya didapat berita-berita hoaks tentang bagaimana kondisi asal dari negara yang sebelumnya infeksi dengan Covid-19," ucapnya.

Perwira menengah tersebut menyatakan bahwa polisi siap membantu kebijakan pemprov terkait dengan penanganan kesehatan, termasuk jika membutuhkan rumah sakit milik Polri di beberapa daerah untuk digunakan.

"Kami juga mempunyai tenaga medis yang siap membantu dan harus berdasarkan koordinasi lintas sektor pada Pemprov Jatim ataupun Dinas Kesehatan," katanya.

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020