Ada peningkatan kuota seribu lebih
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan menambah kuota angkutan motor gratis pada masa angkutan Lebaran 2020 yang baru saja dibuka.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Danto Restyawan di Jakarta, Senin mengatakan pada 2019 kuota motor gratis berjumlah 18.096 unit motor sedangkan tahun 2020 disediakan 19.136 motor, ada peningkatan kuota seribu lebih.

Untuk masa pengangkutan selama 13 hari yaitu tujuh hari sebelum Lebaran dan enam hari setelah Lebaran dengan tiga perjalanan KA setiap hari.

"Untuk mekanisme pendaftaran, pengangkutan dan pengambilan motor, dari tahun ke tahun menggunakan aplikasi yang semakin diperbarui. Hal ini sangat penting karena dengan sistem yang lebih baik maka semua proses yang diperlukan dari awal sampai akhir dapat berjalan dengan baik," katanya.

Selain itu untuk tahun ini, lanjut dia, pengambilan motor di wilayah Jabodetabek bisa diambil di stasiun tempat pendaftaran atau berbeda dengan tahun lalu, yang harus diambil di Stasiun Jakarta Gudang.

Terdapat tiga lintas layanan angkutan motor gratis tahun ini, yaitu Utara dengan relasi Stasiun Jakarta Gudang-Stasiun Pasar Turi, dengan stasiun singgah Jakarta Gudang, Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat dan berakhir di Stasiun Pasar Turi Surabaya dengan kapasitas maksimal 504 motor per hari.

Lintas layanan Selatan 1 dengan relasi Jakarta Gudang-Stasiun Kutoarjo (PP), dengan stasiun singgah Jakarta Gudang, Cikarang/Lemah Abang, Cimahi, Kiara Condong, Sidereja, Kroya, Gombong, Kebumen dan berakhir di Kutoarjo dengan kapasitas maksimal 464 motor per hari.

Lintas Selatan 2 dengan relasi Jakarta Gudang-Stasiun Pasar Turi (PP) dengan stasiun singgah Jakarta Gudang, Cikarang/Lemah Abang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Jombang, Mojokerto, dan berakhir di Stasiun Pasar Turi Surabaya dengan kapasitas maksimal 504 motor per hari.

Sementara untuk tiket penumpang telah disiapkan khusus bagi peserta mudik dengan motis sejumlah 62.540 tempat duduk yang terbagi dalam 25 KA PSO dan ekonomi komersial yakni KA Matarmaja (Pasar Senen-Malang); KA Brantas (Pasar Senen-Blitar); KA Kertajaya (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi); KA Kahuripan (Kiaracondong-Blitar); KA Bengawan (Pasar Senen-Purwosari); dan KA Kutojaya Utara (Pasar Senen-Kutoarjo).

Kemudian, KA Tawangjaya (Pasar Senen-Semarang Poncol); KA Kutojaya Selatan (Kiaracondong-Kutoarjo); KA Serayu (Pasar Senen-Purwokerto); KA Serayu (Pasar Senen-Purwokerto); KA Pasundan (Kiaracondong-Surabaya Gubeng); KA Gaya Baru Malam Selatan (Pasar Senen-Surabaya Gubeng); KA Progo (Pasar Senen-Lempuyangan); KA Kutojaya Utara Tambahan Lebaran (Pasar Senen-Kutoarjo); dan KA Matarmaja Lebaran (Pasar Senen-Malang).

Selanjutnya, KA Pasundan Lebaran (Kiaracondong-Surabaya Gubeng); KA Kertajaya Lebaran (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi); KA Gajahwong (Pasar Senen-Lempuyangan); KA Singasari (Pasar Senen-Blitar); KA Majapahit (Pasar Senen-Malang); KA Jayabaya (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi); KA Logawa (Purwokerto-Jember); KA Menoreh (Semarang Tawang-Jakarta Kota); KA Jaka Tingkir (Pasar Senen-Purwosari); dan KA Jayakarta (Surabaya Gubeng-Jakarta Kota).

Untuk jadwal pendaftaran secara online mulai 26 Februari-14 Mei 2020 melalui website mudikgratis.dephub.go.id.

Pendaftaran langsung di stasiun yang ditunjuk di wilayah Jabodetabek dan Bandung mulai 26 Februari-28 April 2020, di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Depok Baru dan Tangerang, Cimahi dan Kiara Condong untuk tiket KA ekonomi komersial dan KA PSO selama kuota tersedia.

Pendaftaran langsung di stasiun yang ditunjuk di daerah mulai 16 Maret-28 April 2020, yakni Stasiun Semarang Tawang, Surabaya Pasar Turi, Mojokerto, Madiun, Purwosari dan Lempuyangan untuk tiket KA ekonomi komersial dan KA PSO selama kuota tersedia.

Pendaftaran Langsung yang tidak difasilitasi pemesanan tiket mulai 29 April-31 Mei 2020 di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Tangerang, Cimahi, dan  Kiara Condong.

Pendaftaran langsung di daerah tanpa difasilitasi tiket dimulai dari 16 Mei -31 Mei 2020 di semua stasiun persinggahan motis.

Sementara untuk pengangkutan motor dilaksanakan 16-22 Mei 2020 dan 27 Mei-1 Juni 2020, dan masa tiket penumpangnya 17-23 Mei 2020 dan 28 Mei-2 Juni 2020.

Baca juga: KAI prediksi penumpang angkutan Lebaran 2020 naik 4-5 persen
Baca juga: Ini tiga lintas angkutan motor gratis Lebaran 2019 dengan KA

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020