Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh membenarkan bahwa Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto/DP) dan Bobby Nasution sudah mendapat restu pencalonan sebagai Calon Wali Kota Makassar dan Calon Wali Kota Medan yang diusung Partai NasDem.

Surya mengatakan surat rekomendasi DP sudah ditandatangani oleh Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem dengan nomor surat 020-SI/RP/DPP-NASDEM/II/2020 tertanggal 20 Februari 2020, yang ditujukan ke Ketua DPW NasDem Sulsel. Kamis (20/2).

Baca juga: Jokowi kenalkan Bobby ke masyarakat saat kampanye di Sumut

Baca juga: Pilkada Medan, Bobby kembalikan formulir pendaftaran ke Golkar

Baca juga: Presiden Jokowi bantah langgengkan dinasti politik


"Ya benar. Sudah ditandatangani itu saya pikir," kata Surya saat ditemui usai peresmian gedung baru Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sumatera Utara di Medan, Kamis (20/2).

Selanjutnya Danny Pomanto diharuskan memenuhi poin-poin yang ada di surat rekomendasi tersebut, salah satunya membangun koalisi parpol untuk mencukupkan jumlah (minimal 10 kursi parlemen) sebagai syarat maju di pemilihan Wali Kota Makassar.

Danny diberikan batas waktu memenuhi syarat pencalonan ke KPU Kota Makassar sesuai dengan perundang-undangan paling lambat 14 hari sebelum masa pendaftaran dibuka.

Sementara itu, ketika ditanya soal calon Wali Kota yang diusung NasDem untuk Pemilihan Wali Kota Medan, Surya mengatakan akan mencalonkan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Bobby Nasution alih-alih memilih Pelaksana Tugas Wali Kota Medan Akhyar Nasution.

Surya membantah pengusungan Bobby Nasution ada kaitannya dengan Presiden Jokowi.

"Ah, menantu memang nasib dia jadi menantu. Ngapain kita urus itu," kata Surya.

Pengusungan Calon Kepala Daerah oleh NasDem menurut Surya murni karena faktor kesepahaman ideologi dengan partai dan tingkat keterpilihan (elektabilitas) orang yang diusung tersebut cukup tinggi.

Misalnya saja Bobby, menurut Surya, Bobby memang sudah pas dipilih karena hasil penelitian yang NasDem lakukan membuktikan jika Bobby saat ini masih menjadi calon Wali Kota yang terbaik untuk Medan.

Namun yang terpenting bagaimana Calon Kepala Daerah yang diusung NasDem harus memiliki spirit yang sama dengan NasDem yaitu melaksanakan gerakan perubahan.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020