Dana Desa bakal ditransfer langsung ke rekening percepat penyaluran

Dana Desa bakal ditransfer langsung ke rekening percepat penyaluran

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian saat menyampaikan pidato pada Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020. (ANTARA/Wisnu Adhi)

Semarang (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan bahwa Dana Desa yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat akan ditransfer langsung ke rekening desa guna mempercepat penyaluran sekaligus bentuk pemangkasan birokrasi.

"Dana Desa akan ditransfer langsung ke rekening desa, tujuannya agar tidak ada hambatan birokrasi dan memotong birokrasi kalau lewat provinsi dan kabupaten/kota, serta menghindari adanya potensi penyimpangan," kata Mendagri di Semarang, Selasa.

Menurut dia, hal tersebut akan dimulai tahun ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menginginkan agar Dana Desa tepat sasaran dan bisa membuat desa berkembang dan mandiri.

Terkait dengan rencana tersebut, Kemendagri sudah sepakat dengan Kementerian Keuangan serta Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Baca juga: Pemerintah perbesar porsi transfer dana desa tahap pertama

Lebih lanjut Mendagri menilai bahwa dalam pengelolaan dan penggunaan Dana Desa perlu adanya pengawasan dari aparat pengawas internal pemerintah (APIP), apalagi pada tahun ini Dana Desa dianggarkan sebesar Rp72 triliun atau naik dari 2019 yang hanya Rp70 triliun.

Baca juga: Mendagri minta aparat desa jaga akuntabilitas dana desa

"Hal ini penting dilakukan karena saya meyakini ada beberapa kepala desa yang mungkin belum paham teknis administrasi pemerintahan. Jadi, pengawasan dan pengelolaan Dana Desa harus ditingkatkan," ujarnya.

Baca juga: Dana desa, Kemendagri bentuk tim gabungan pengawasan dan pembinaan

Hal tersebut disampaikan Mendagri pada kegiatan Rapat Kerja Percepatan Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020 di Holy Stadium, Kompleks Grand Marina, Kota Semarang.
Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020