Keluarga sepakat Pratu Yanuarius dimakamkan di TMP Seroja, Atambua

Keluarga sepakat Pratu Yanuarius dimakamkan di TMP Seroja, Atambua

Prajurit TNI membawa foto dan peti jenazah korban kecelakaan Hheli Mi-17 saat upacara pelepasan di Hanggar Base Ops Lanud Silas Papare Sentani, Jayapura, Papua, Senin (17/2/2020). Delapan dari 12 prajurit TNI yang gugur dalam kecelakaan helikopter Mi-17 di Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, dilepas dengan upacara militer. ANTARA FOTO/Gusti Tanati/foc.

Kupang (ANTARA) - Keluarga almarhum Pratu Yanuarius Loe anggota TNI yang gugur dalam kecelakaan helikopter Mi-17 di Pegunungan Mandala, Distrik Oksob, Pegunungan Bintang, Papua sepakat bahwa anak mereka dimakamkan di taman makam pahlawan (TMP) Seroja, Atambua,Kabupaten Belu, NTT.

Ayah dari Yanuarius, Fransiskus Loe ketika dihubungi ANTARA dari Kupang, Selasa (18/2) mengatakan bahwa pihaknya sudah berembuk di antara keluarga dan sepakat bahwa anaknya itu akan dimakamkan di taman makam pahlawan di kabupaten yang berbatasan dengan Timor Leste itu.

"Kemarin kami keluarga besar, sudah berembuk dengan Dandim Belu dan sepakat bahwa anak kami akan dimakamkan di TMP itu," katanya.

Saat ini ujar dia sejumlah persiapan di rumah duka di Desa Rinbesihat, Kecamatan Rai Manuk, Kabupaten Belu sudah disiapkan oleh keluarga untuk menyambut kedatangan jenazah Pratu Yanuarius.

Ia juga mengatakan saat ini sejumlah keluarga besar sudah dalam perjalanan menuju Kupang untuk menjemput jenazah anaknya yang pada Selasa (18/2) pagi sudah diterbangkan dari Papua.

"Saat ini keluarga sudah dalam perjalanan menuju ke Kota Kupang. Nanti rencananya sore nanti akan tiba," ujar dia.

Fransiskus menceritakan bahwa Yanuarius ada sosok anaknya yang selalu ceria, selama bertugas di Papua, Yanuarius dalam sehari bisa tiga atau empat kali menghubungi orang tuanya di Kabupaten Belu, sekedar bercerita dan menanyakan kabar.

Fransiskus pun mengaku bangga dengan anaknya yang sudah mengabdi buat bangsa dan negara Indonesia, walaupun pada akhirnya dipanggil oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Saya bangga, mempunyai anak seperti dia. Walaupun belum banyak yang dia perbuat buat bangsa ini, tetapi setidaknya ada hal-hal lain yang ia pertaruhkan untuk bangsa dan negara Indonesia," tutur dia.

Informasi yang diperoleh ANTARA dari Korem 161/WIrasakti Kupang Jenazah Pratu Yanuarius akan tiba di Kupang pada pukul 17.00 Wita menggunakan pesawat khusus TNI AU.

Jenazah Pratu Yanuarius akan tiba di Pangkalan Udara (Lanud) El Tari Kupang dan akan diterima dengan tata cara militer. 

Baca juga: Prajurit korban kecelakaan MI-17 akan dimakamkan di TMP Giri Tunggal

Baca juga: Jenazah korban kecelakaan Heli Mi-17 di Papua dilepas secara militer

Baca juga: Kodam Cenderawasih fasilitasi keluarga korban mengantar jenazah
Pewarta : Kornelis Kaha
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2020