Pemkot Banda Aceh jangan ragu mengambil sikap, dan selalu berkoordinasi dengan ulama, seperti yang telah dilakukan selama ini
Banda Aceh (ANTARA) - Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU/MUI) Aceh mengapresiasi atas penengakan syariat Islam yang mengatur seluruh sendi kehidupan umat Muslim di Ibu Kota provinsi paling barat Indonesia, yakni Banda Aceh.

"Kami dari MPU Aceh, terus berada di belakang pak wali kota dalam upaya memperjuangkan syariat yang benar. Benar dalam artian syariat yang tidak membawa perpecahan, tapi syariat yang menuntun kita kepada persatuan dan kesetaraan dalam bersikap dan berbuat," kata Pelaksana tugas (Plt) Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali di Banda Aceh, Jumat.

Ia mengaku, pihaknya telah bersilaturrahim bersama Wakil Ketua MPU Aceh Tgk H Hasbi Al Bayuni, dan sekitar 40 orang ulama asal provinsi tersebut yang diterima oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman pekan ini.

Menurut dia Pemerintah Kota (Pemkot) Banda Aceh selama ini telah berjalan sesuai tatanan yang berlaku di kalangan masyarakat Aceh, dan telah menjabarkan surat edaran Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah di daerah berjuluk "Kota Serambi Mekkah".

MPU Aceh, kata dia, selalu mendukung penuh berbagai program yang dijalankan oleh Wali Kota Aminullah, terutama karena telah menunjukkan konsistensi dalam menegakkan syariat Islam.

"Pak wali jangan risau dan jangan gentar, kami dukung sepenuhnya program pak wali tentang syariat. Kami akan terus mengawal, dan akan sama-sama memberantas orang-orang atau faham-faham yang sesat di Aceh ini," katanya menegaskan.

"Juga syariat yang menjadi perekat bagi kita untuk memperkuat rasa persaudaraan Islam, guna melawan pengaruh luar yang terus berusaha masuk untuk merusak kita umat Islam," tambah pria yang akrab disapa "Lem Faisal" ini.

Tgk Hasbi Al Bayuni menambahkan agar Pemkot Banda Aceh jangan ragu mengambil sikap, dan selalu berkoordinasi dengan ulama, seperti yang telah dilakukan selama ini.

"Selesaikan masalah, langsung ke akar masalah itu sendiri," kata sosok  yang akrab disapa "Abi Bayu" itu.

Wali Kota Banda, Aminullah Usman dalam silaturrahim tersebut mengaku gembira dan bahagianya atas kunjungan rombongan MPU Aceh.

"Saya merasa bahagia dan terharu, sekaligus menyampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada abu, teungku-teungku, dan guru-guru kami dari MPU Aceh, karena telah berkenan mengunjungi atau menjenguk kami di Banda Aceh," katanya.

"Ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berjuang menegakkan syariat Islam," demikian Aminullah Usman.

Baca juga: MPU Aceh dukung penyelamatan situs sejarah Islam

Baca juga: MPU: Hukum Cambuk Tak Langgar HAM

Baca juga: Walikota: Ijin bioskop di Banda Aceh tunggu restu MPU

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020