Kemarin pemerintah jelaskan kasus corona, DBD serang daerah Temanggung

Kemarin pemerintah jelaskan kasus corona, DBD serang daerah Temanggung

Orang-orang lalu lalang di area pemindaian suhu tubuh di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Minggu (26/1/2020). Alat pemindai suhu tubuh dipasang di bandara itu sebagai bagian dari upaya mengantisipasi penyebaran virus corona baru yang telah menimbulkan wabah di China. (ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)

Jakarta (ANTARA) - Kemarin pemerintah menyampaikan penjelasan mengenai perkembangan penyebaran virus corona tipe baru, yang telah menimbulkan wabah di sebagian wilayah China dan menyebar ke sejumlah negara, serta upaya pemerintah untuk mencegah virus tersebut masuk ke wilayah Indonesia.

Selain itu ada berita mengenai desa-desa di Temanggung yang mengalami kejadian luar biasa demam berdarah dengue dan kabar seputar pasien yang diduga terinfeksi virus corona yang bisa disimak dalam rangkuman berita berikut.

Pemerintah tegaskan tidak ada kasus positif virus corona di Indonesia

Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada kasus infeksi virus corona di Indonesia. 

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa saat ini ada 13 orang yang berada dalam pengawasan di beberapa rumah sakit di Indonesia, 11 di antaranya tidak terinfeksi virus corona berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium dan dua lainnya masih dalam pemeriksaan.

Jokowi: Pengiriman logistik turut terganggu virus corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa penyebaran virus corona telah berdampak pada pengiriman logistik, utamanya ke China, tempat wabah akibat penularan virus tersebut merebak.

PPIT Wuhan imbau masyarakat Indonesia tidak mudah percaya hoax

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) Cabang Wuhan mengimbau masyarakat Indonesia tidak mudah mempercayai informasi yang beredar mengenai pelajar Indonesia yang berada di Kota Wuhan, China, tempat wabah akibat virus corona baru terjadi.

"Kalau rekan-rekan media ingin mengetahui kondisi terkini dapat menghubungi narahubung di Wuhan dan mengonfirmasi kebenaran berita demi menghindari informasi yang kurang akurat terkait kondisi Wuhan saat ini," kata Ketua PPIT Wuhan Nur Musyafak.

Enam desa di Temanggung hadapi KLB DBD

Enam desa/kelurahan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menghadapi kejadian luar biasa demam berdarah dengue (KLB DBD) menurut Dinas Kesehatan setempat.

KLB DBD terjadi di Kelurahan Parakan Kauman Kecamatan Parakan; Desa Kedu Kecamatan Kedu; Desa Kandangan, Wadas, dan Kedungumpul di Kecamatan Kandangan; dan Kelurahan Sidorejo di Kecamatan Temanggung.
 
Pewarta : Katriana
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 1970