bantuan yang diberikan adalah berupa stimulan guna mendorong masyarakat dan pemerintah daerah memiliki semangat dalam melaksanakan pembangunan perumahan.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap menyalurkan beberapa program perumahan untuk masyarakat di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara, termasuk program bedah rumah dan rumah khusus nelayan.

Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dwityo Akoro Soeranto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, menyatakan, pada dasarnya pihaknya siap memberikan dukungan ke seluruh pemerintah daerah yang ada di Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sektor perumahan.

Namun demikian, menurut dia, bantuan yang diberikan adalah berupa stimulan guna mendorong masyarakat dan pemerintah daerah memiliki semangat dalam melaksanakan pembangunan perumahan.

"Jika ada kebutuhan penanganan rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 4.000 unit di daerah misalnya, tentunya tidak semua bisa kami penuhi. Tapi kami memberikan bantuan bedah rumah sebagai stimulan dan hal itu juga menjadi tugas bersama baik pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat," katanya.

Baca juga: Kementerian PUPR ajak perguruan tinggi kolaborasi bedah rumah

Pada 2020, imbuh pria yang akrab di sapa Koko tersebut, Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan mengalokasikan bantuan perumahan ke Pemkab Bolmut berupa bedah rumah sebanyak 425 unit serta pembangunan rumah khusus untuk masyarakat.

Ia mengutarakan harapannya agar Pemkab Bolmut juga bisa memberikan dukungan administrasi maupun menyesuaikan lokasi pembangunan dengan RTRW yang ada.

"Pembentukan unit pengelola serta kemudahan dalam IMB serta kelengkapan sertifikat tanah juga sangat diperlukan," tutur Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR.

Sementara itu, Bupati Bolmut, Depri Pontoh menyampaikan terimakasih atas perhatian Kementerian PUPR terhadap penyediaan perumahan bagi masyarakat di daerah tersebut.

"Tahun lalu kami menerima bantuan rumah khusus untuk nelayan sebanyak 50 unit dan bantuan bedah rumah dari Kementerian PUPR," kata Depri Pontoh.

Baca juga: Masyarakat diharapkan aktif lapor untuk ikut program bedah rumah

Pada kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan usulan pembangunan rusunawa untuk para tenaga medis yang bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bolmut.  Rusunawa tersebut diharapkan dapat menjadi tempat tinggal bagi para tenaga medis serta mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

RSUD Bolmut, katanya, saat ini tengah dibangun oleh pihak Pemda dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena rumah sakit terdekat berjarak 3 jam perjalanan dari Kabupaten Bolmut. Untuk itu, pihaknya telah menyediakan lahan untuk lokasi pembangunan Rusunawa di Desa Talaga Tomoagu, Kecamatan Bolangitang Barat.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020