enak ya, apalagi masih hangat
Jakarta (ANTARA) - Istri Menteri Sosial Grace Juliari Batubara yang meninjau posko siaga bencana di Kelurahan Bintaro Pesanggrahan Jakarta Selatan, Sabtu, mengatakan, makanan dari masakan dapur umum rasanya enak.

"Enak ya, apalagi masih hangat," kata Grace usai mencicipi makanan dan diaminkan istri Menko Polhukam Yati Mahfud MD.

"Sedap," kata Yati saat ditanya rasa masakan yang dicobanya.

Grace dan Yati meninjau posko bertepatan dengan saat relawan menyiapkan makan siang untuk para pengungsi korban banjir di wilayah setempat.

Siang itu, menu yang disiapkan berupa nasi putih, telur dadar dan mie instan goreng yang dilengkapi dengan sayuran.

Baca juga: Pengungsi banjir Jakarta diingatkan tetap jaga kesehatan
Baca juga: Pintu air Manggarai kembali normal didukung dua truk sampah saja


Para relawan tampak sibuk menyiapkan makan siang yang dibungkus kertas nasi sebanyak sekitar 300 porsi. Ada yang menggoreng telur, membungkus nasi dan lainnya.

Nasi bungkus tersebut nantinya akan dibagikan untuk para pengungsi termasuk relawan yang membantu membersihkan lingkungan sekitar dari sisa-sisa banjir.

Grace yang merupakan Penasehat Dharma Wanita Kementerian Sosial itu bahkan sempat membantu para relawan membungkus nasi.

Ia yang tadinya duduk di atas kursi bersama Yati langsung turun duduk di tikar bersama para relawan yang bertugas di dapur umum.

Baca juga: Berperahu karet, Grace Batubara harapkan korban banjir mau dievakuasi
Baca juga: Donasi korban banjir dari pengguna Gojek capai Rp150 juta


Relawan yang semuanya perempuan itu terdiri dari berbagai unsur seperti Karang Taruna, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan ibu PKK setempat serta unsur lainnya.

Grace dan Yati bersama Dharma Wanita Kementerian Sosial meninjau lokasi pengungsian banjir di sejumlah titik di Jakarta seperti di Rawa Buaya Jakarta Barat, Pesanggrahan dan Pangadegan Jakarta Selatan.

Selain memberikan bantuan senilai Rp550 juta berupa logistik, peralatan kebersihan dan perlengkapan sekolah, mereka juga bernyanyi dan bermain bersama anak-anak pengungsi untuk menghibur mereka sebagai bentuk dukungan psikososial.

Baca juga: BTN salurkan bantuan bagi karyawan korban banjir
Baca juga: Wali Kota M Anwar: Besok tak boleh ada yang santai sikapi banjir
Baca juga: Banjir surut, pernikahanpun terlaksana di Masjid Rhoma Irama

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020