Banjarbaru (ANTARA) - Polda Kalimantan Selatan berupaya menghijaukan lingkungan dengan menggerakkan penanaman 30 ribu lebih bibit pohon pada Jumat.

"Pohon bermanfaat bagi kehidupan karena menghasilkan oksigen, menyerap air di tanah agar tak banjir hingga jadi peneduh kita dari terik matahari," kata Kepala Polda Kalimantan Selatan Irjen Pol Yazid Fanani, yang memimpin penanaman bibit pohon di belakang Sekolah Kepolisian Negara di Banjarbaru.

Didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Kalimantan Selatan Rinny Yazid Fanani, dia mengajak seluruh personel kepolisian ikut melakukan penghijauan dalam kegiatan penanaman pohon bertajuk "Menanam pohon, menanam pahala masuk surga".

"Dengan bismillah, hari ini Jumat berkah di awal tahun. Ingat, bibit pohon yang kita tanam sekarang manfaatnya bukan untuk kita, namun bagi anak cucu generasi mendatang. Apalagi pohon-pohon langka seperti kayu ulin jangan sampai punah karena menjadi khas Kalimantan," katanya.

Ia juga mengingatkan bahwa bibit-bibit pohon yang ditanam harus dipelihara agar tumbuh subur sampai sepuluh tahun ke depan.

Penanaman bibit pohon dilakukan serentak oleh kepolisian-kepolisian daerah di seluruh Indonesia dalam program "Polri Peduli Penghijauan".

Di lingkungan Polda Kalimantan Selatan, 2.800 bibit pohon ditanam di belakang Sekolah Kepolisian Negara Banjarbaru dan 200 bibit pohon ditanam di lingkungan Satpas SIM di Jalan Ahmad Yani Km 21 Banjarbaru.

Penanaman pohon juga dilakukan oleh 13 Kepolisian Resor (Polres) di Kalimantan Selatan dengan masing-masing Polres menanam 2.000 bibit pohon.

Selain itu ada penanaman 3.000 bibit pohon seperti ulin, mahoni, angsana, trembesi, sungkai, matoa, sawo, sirsak, alpukat, dan pete oleh personel Mako Polda Kalimantan Selatan.

Baca juga:
210.000 bibit pohon ditanam di hutan lindung Lahat
1,1 hektare lahan di Gunung Ijen ditanami ratusan cemara gunung

Pewarta: Firman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020