Paling tidak dari bisnis itu kita menargetkan bisa tembus minimal Rp100 miliar dari kerjasama ini
Jakarta (ANTARA) - PT Pos Indonesia dan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) menandatangani perjanjian kerja sama pengembangan jaringan melalui Agenpos.

Vice President Agenpos Musholien Harjono mengatakan bahwa PT Pos Indonesia memiliki jaringan layanan yang mencakup secara nasional hingga menjangkau ke daerah-daerah sedangkan GP Ansor para anggotanya tersebar di seluruh Indonesia.

"Dengan demikian kalau ini disinergikan kerjasama antara PT Pos Indonesia dengan GP Ansor, itu diharapkan akan sangat bagus sinerginya terutama untuk menggarap daerah-daerah rural," kata Harjono di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Gandeng PNM, Pos Indonesia rilis obligasi jangka menengah Rp300 miliar

Musholien menyampaikan bahwa dalam tahap pertama ini kerja sama tersebut untuk layanan jasa pengantaran barang, dimana nantinya GP Ansor akan bisa menjadi Agenpos.

"Tentu nanti ada identitasnya. Polanya menggunakan sistem host to host, jadi dari host dengan GP Ansor sistem kita host to host, nanti GP Ansor akan mengembangkan aplikasi onlinenya untuk digunakan oleh para anggota Ansor di daerah-daerah," katanya.

Saat ini, lanjutnya, jumlah Agenpos yang aktif terdapat sekitar 3.000 orang.

PT Pos Indonesia berharap paling tidak sekarang ini khususnya menggarap kiriman-kiriman e-commerce, dimana pihaknya membutuhkan sebaran layanan yang luas atau terjangkau oleh pebisnis online.

"Paling tidak dari bisnis itu kita menargetkan bisa tembus minimal Rp100 miliar dari kerjasama ini," ujar Musholien.

Sebagai wujud pengembangan jaringan tersebut, PT Pos Indonesia (Persero) menjalin kerjasama dengan Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor). Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan kerja sama oleh Direktur Komersial PT Pos Indonesia (Persero) Charles Sitorus dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor H. Taqut Cholil Qoumas di Kantor PP GP Ansor Jakarta Pusat (17/12).

Ruang lingkup perjanjian ini adalah Penunjukan dan pemberian hak dari Pos Indonesia kepada GP Ansor dalam pengelolaan Agenpos Layanan Jasa Kurir yang dioperasikan oleh agen GP Ansor.

Kerja sama dalam Perjanjian ini berlaku untuk seluruh wilayah di Negara Kesatuan Republik Indonesia, dimana terdapat mitra bisnis dari GP Ansor dengan nama agen GP Ansor. Gerakan Pemuda Ansor tersebar di Seluruh Indonesia, Pimpinan Wilayah GP Ansor terdapat di 34 Provinsi, merupakan aset potensial untuk pegembangkan generasi penerus bangsa dengan mendirikan usaha Agenpos.

Agenpos adalah konsep pengembangan jaringan melalui kerjasama kemitraan antara PT Pos Indonesia dengan perorangan atau badan usaha dalam rangka memberikan pelayanan pos secara lebih luas kepada masyarakat.

Baca juga: PT Pos Regional X luncurkan layanan aplikasi Giropos
Baca juga: PT Pos Indonesia luncurkan layanan Q9, pengiriman paket sehari sampai


Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019