GM PLN Sumut: Listrik aman pada Natal di daerah terpencil

GM PLN Sumut: Listrik aman pada Natal di daerah terpencil

General Manajer PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara M Irwansyah Putra menjelaskan pasokan listrik pada perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. (ANTARA/Munawar)

Medan (ANTARA) - General Manajer PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara M Irwansyah Putra mengusahakan agar pasokan listrik di daerah terpencil Kabupaten Tapanuli Utara keadaan aman tidak ada pemadaman pada perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Kita juga memastikan kondisi listrik tidak ada mengalami gangguan di daerah perdesaan saat perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," kata Irwansyah, pada konferensi pers Kehandalan Kelistrikan Sumatera utara menyambut Natal dan Tahun Baru di Medan, Sabtu.

PLN Wilayah Sumut, menurut dia, tetap mengerahkan petugas listrik yang cukup handal dan memiliki pengalaman dalam mengatasi listrik yang mengalami kendala, serta terjadinya pemadaman.

Baca juga: Sambut Natal-Tahun Baru, Kemenparekraf unggulkan budaya-ekraf

"Kita tidak ingin umat Kristiani yang merayakan Natal dan Tahun Baru itu, terganggu dan juga mempersiapkan pasokan listrik dari PLN Kota Sibolga, jika ada kendala kelistrikan di Kabupaten Tapanuli Utara," ujarnya.

Irwansyah menyebutkan, kendala yang sering terjadi pemadaman listrik di daerah pelosok pedesaan itu, akibat tanah longsor, angin cukup kencang dan faktor cuaca ekstrem lainnya, hal ini tidak bisa dihindari.

Selain itu, faktor tiang listrik yang ketinggiannya hanya mencapai 12 meter dan juga rawan gangguan binatang.

Baca juga: Sambut Natal dan Tahun Baru, Pertamina diskon harga avtur 20 persen

"Jadi, biasanya terjadinya gangguan pemadaman arus listrik di daerah pedalaman itu, secara nonteknis dan di luar perkiraan," ucap dia.

Sementara itu, dalam menghadapi perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, PLN di Sumut menyiapkan 427 penyulang, 250 posko, 2.735 personel, dan 44 Petugas Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Selain itu, sebanyak 156 genset mobile, 46 unit gardu bergerak dan UPS 14 unit, dan disiagakan hingga 8 Januari Tahun 2020.

Kemudian, sebanyak 720 gereja hasil pemetaan PLN UIW Sumut, dipastikan mendapatkan layanan listrik yang memadai agar ibadah perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 tetap berjalan lancar, serta tidak ada kendala.

PLN Wilayah Sumut tidak akan melakukan pemadaman karena pemeliharaan, dan dipastikan pembangkit dalam kondisi siap beroperasi memproduksi daya listrik.

Baca juga: KRL Commuter Line siapkan peningkatan layanan sambut Natal-Tahun Baru
Baca juga: Tol Cipali siap sambut lonjakan kendaraan Natal dan Tahun Baru
Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 1970