Jakarta (ANTARA) - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan membahas waktu pelaksanaan Muktamar IX parpol itu pada Musyawarah Kerja Nasional V, 14-16 Desember 2019 mendatang.

"Mukernas akan menghasilkan keputusan-keputusan dan rekomendasi yang akan diserahkan kepada DPR untuk dilaksanakan dan salah satu yang mungkin ditunggu-tunggu publik adalah jadwal pelaksanaan muktamar ke IX," kata Sekretaris Panitia Pelaksana Mukernas, Achmad Baidowi, di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Ketua Umum PPP tegaskan politik tanpa mahar saat Pilkada Serentak 2020

Secara spesifik, mukernas kata dia akan memutuskan tentang masalah-masalah muktamar, usulan perubahan waktu muktamar, atau masalah lainnya yang dianggap mendesak sebagaimana diatur pada ketentuan anggaran dasar PPP.

Pada Mukernas tersebut juga akan membahas mengenai kebijakan yang akan disiapkan partai dalam menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Pilkada Serentak 2020

"Melakukan pembicaraan tentang Pilkada serentak yang menyangkut tentang ketentuan dan kebijakan partai yang harus diketahui oleh seluruh teman-teman yang kebetulan daerahnya ikut Pilkada 2020," katanya.

Untuk peserta, lanjut dia terdiri dari peserta resmi yakni pengurus harian DPP, pimpinan majelis syariah, majelis pertimbangan, majelis pakar, mahkamah partai, ketua dan sekretaris DPW, anggota DPP yang menjabat di lembaga negara dan pimpinan fraksi.

"Seluruh jumlah peserta rakernas itu sekitar 300 orang, selain itu juga ada peninjau," ujarnya.

Mukernas akan dihadiri oleh Menkopolhukam Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Tito akan memberikan materi terkait persiapan Pilkada 2020.

Baca juga: Politik kemarin, kegiatan Jokowi di Korea sampai PPP sepakat islah

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019