Banjarmasin (ANTARA) - Polres Kotabaru telah menerjunkan tim untuk menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah hampir satu desa di Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

"Kami tengah mengumpulkan saksi-saksi untuk dimintai keterangan. Dari hasil penyelidikan nanti, dapat disimpulkan apakah ada unsur kesengajaan atau kelalaian dari musibah ini, sehingga harus ada pihak yang bertanggung jawab secara hukum," terang Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin, Minggu.

Namun dari informasi sementara sejumlah saksi, ungkap Andi, api berasal dari rumah warga berinisial R.

"Tetapi ini hanya dugaan dari informasi warga. Belum bisa dipastikan. Yang pasti kami dalami apakah ini bisa dinaikkan ke penyidikan atau betul-betul musibah tanpa harus dilakukan penegakan hukum," jelasnya kepada Antara.

Berdasarkan data yang diterima Polres Kotabaru, Andi menjelaskan jumlah bangunan yang terbakar sebanyak 200 rumah yang ditempati 700 jiwa. Bahkan Polsek Pulau Sebuku dengan asrama lima pintu ikut ludes rata dengan tanah.
Ratusan rumah ludes terbakar di Desa Sungai Bali di Kecamatan Pulau Sebuku. (antara/foto/ist)
Untuk membantu para korban, Polres Kotabaru telah mengirimkan beberapa tenda guna pendirian posko bantuan.

Kemudian tim medis juga disiagakan untuk melayani pemeriksaan kesehatan bagi warga yang membutuhkan.

"Sembako berikut peralatan mandi, perlengkapan bayi dan sebagainya juga terus dikirim. Semua bergerak membantu, ada perusahaan lokal juga bersama Pemda telah mendistribusikan bantuan. Sedangkan untuk mobilisasi bantuan, ada dua unit kapal Satuan Polairud yang kita operasikan," tandas Andi.

Diketahui, kebakaran besar melanda Desa Sungai Bali di Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru pada Sabtu (23/11) malam. Api yang berkobar hingga Minggu dini hari itu menghanguskan ratusan rumah di tiga Rukun Tetangga, yakni RT 01, 03 dan 04.

Pulau Sebuku terletak terpisah dari Pulau Laut yang jadi ibukota Kabupaten Kotabaru. Berada di sebelah timur Pulau Laut dan di sebelah barat Pulau Sulawesi, ibukota kecamatan Pulau Sebuku berada di Desa Sungai Bali yang jadi lokasi kebakaran.

Jarak yang di tempuh untuk menuju Pulau Sebuku dari Pulau Laut sekitar 1 jam perjalanan menggunakan speedboat mengarungi lautan lepas.

Baca juga: DPRD Kotabaru pertanyakan belum beroperasinya Kapal Bamega

Baca juga: Bagi hasil migas Blok Sebuku untuk daerah kembali dipertanyakan

Baca juga: Warga Pulau Sebuku minta pelayanan PLN maksimal


 

Pewarta: Firman
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019