AsiaNet 81777

SAPPORO, Jepang, 21 November 2019 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) --

New Chitose Airport International Animation Film Festival digelar di New Chitose Airport selama empat hari, mulai 1 hingga 4 November 2019.

(Gambar: https://kyodonewsprwire.jp/release/201911193697?p=images)

Bagian dari festival film tahun ini diadakan sebagai acara pembukaan Portom Hall, fasilitas baru di gedung terminal internasional New Chitose Airport. Setelah upacara pengguntingan pita pada peresmian Portom Hall, dua film pendek yang diproduksi oleh festival tersebut ditampilkan pada upacara pembukaan festival. Kedua film ini dibuat untuk pandangan 330 inci/4K yang disebut Digital Symbol yang dipasang di ruang tunggu terminal internasional. Film pertama, "Sagashimono" (Things You Are Looking For), diproduksi oleh Project, unit produser Jepang, sedangkan yang kedua, "Fly Me to HOKKAIDO" disutradarai oleh TOCHKA. Project berbicara pada upacara pembukaan tentang film tersebut sementara TOCHKA melakukan pertunjukan langsung membuat animasi dengan para peserta upacara.

Selama festival film ini, berbagai program diadakan, termasuk pemutaran karya-karya yang diundang di New Chitose Airport Theater dan program bincang oleh para kreator yang diundang dari Jepang dan manca negara di lantai 4 gedung terminal domestik. Selain itu, pameran dan acara e-sports digelar di Center Plaza (di lantai 2 terminal domestik), yang diramaikan oleh banyaknya pengunjung.

Pemutaran kompetisi, yang merupakan acara utama festival ini, meliputi 91 film yang dipilih dengan cermat dari lebih dari 2.200 karya yang masuk (termasuk film pendek dan film fitur). Upacara penganugerahan diadakan pada hari terakhir, 4 November. Grand Prix (Film Pendek) diberikan kepada "Acid Rain" karya seniman Polandia Tomek Popakul. Bagi pembuat film, ini merupakan Grand Prix kedua pada festival tersebut. Popakul berkata dalam pidatonya, "Saya sangat terkejut. Festival film ini merupakan tempat yang penting dan favorit bagi saya." Grand Prix (Film Fitur) diberikan kepada "I Lost My Body" karya Jeremy Clapin (Prancis). Semua karya pemenang dapat ditemukan di situs web resmi festival ( http://airport-anifes.jp/en ).

New Chitose Airport International Animation Film Festival ke-6 sukses besar dengan kehadiran tertinggi dalam sejarah 43.000 pengunjung.

Sumber: Komite Eksekutif New Chitose Airport International Animation Festival

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019