Jakarta (ANTARA) - Komisi Yudisial (KY) berhasil mempertahankan predikat Menuju Informatif dalam penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik 2019 kategori lembaga negara dan lembaga pemerintahan nonkementerian.

Penganugerahan diserahkan oleh Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Gede Narayana di hadapan Wakil Presiden K.H Ma'ruf Amin kepada Sekretaris Jenderal KY Tubagus Rismunandar Ruhijat di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis.

Baca juga: KIP: Penilaian transparan bukan alat kontestasi badan publik

"Keterbukaan informasi tidak sekadar memenuhi hak publik, melainkan kewajiban Komisi Yudisial sebagai lembaga publik untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan," ujar Tubagus dalam keterangan tertulis yang diterima.

Tubagus menjelaskan KY berkomitmen melaksanakan keterbukaan informasi publik sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas lembaga dalam menjalankan wewenang dan tugasnya.

Baca juga: Rektor Unimed bersyukur menerima penghargaan anugerah KIP

Keterbukaan informasi, kata dia, menjadi salah satu indikator terwujudnya tata kelola pemerintah yang baik, sehingga menjadi keharusan bagi setiap badan publik untuk menjalankan.

"Keterbukaan informasi tidak sekadar memenuhi hak publik, melainkan kewajiban Komisi Yudisial sebagai lembaga publik untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan," kata Tubagus.

Prestasi yang ditorehkan KY ini diberikan oleh Komisi Informasi Pusat sejak 2014.

Baca juga: IPB University raih penghargaan sebagai PTN Informatif

Ke depan, lanjut Tubagus, KY akan terus mengembangkan inovasi dan kolaborasi dalam menjamin ketersediaan informasi, serta meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas.

"Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus melakukan perbaikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucap Tubagus.

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2019