Din Syamsuddin ungkap mimpi Bahtiar Effendy yang belum terwujud

Din Syamsuddin ungkap mimpi Bahtiar Effendy yang belum terwujud

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin usai menghadiri pemakaman Bahtiar effendy di TPU Lemperes Kota Depok Jawa Barat, Kamis (21/11/19) (ANTARA/Feru Lantara)

Depok (ANTARA) - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengungkapkan mimpi almarhum Bahtiar Effendy yang belum terwujud yaitu menginginkan adanya partai politik Islam yang solid.

"Awalnya dia bersimpati kepada PPP karena sebagai partai yang mewakili umat Islam satu-satunya pada masa dahulu untuk menyuarakan aspirasinya, namun karena saat ini banyak partai Islam maka sulit terwujud," kata Din usai menghadiri pemakaman Bahtiar effendy di TPU Lemperes Kota Depok Jawa Barat, Kamis.

Baca juga: Din Syamsudin: Bahtiar Effendy adalah sosok cendekiawan sejati

Din mengatakan komitmen Bahtiar Effendy kepada partai Islam sangat besar sekali karena saat ini banyak partai berbasis Islam maka sepakat untuk berkoalisi strategis antara partai Islam dan partai yang berbasis massa Islam.

"Ini yang belum kesampean atau mungkin susah untuk terwujud ya," kata Din.

Dikatakannya kekuatan politik Islam yang sesungguhnya sangat besar itu bisa bersatu bukan bercerai berai dan porak poranda seperti saat ini. "Itulah mimpi atau obsesi dari almarhum," jelasnya.

Din Syamsuddin juga mengungkapkan Almarhum Bahtiar Effendy merupakan salah satu penggagas berdirinya Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Kota Depok Jawa Barat.

Baca juga: Din: Bahtiar Effendy penggagas berdirinya UIII

"Sekarang dalam proses pembangunan mudah-mudahan dalam waktu dekat akan beroperasi," kata Din.

Din menjelaskan ketika itu kawan-kawan membuat proposal pendirian UIII yang dikomunikasikan dengan Jusuf Kalla ketika itu sebagai Wakil Presiden untuk meyakinkan Presiden Jokowi hingga Presiden ikut terlibat dan kemudian dipersiapkan oleh Kementerian Agama dan Kemenristek Dikti ketika untuk memulai proses pembangunan.

"Ini merupakan salah satu pemikiran besar almarhum," ujar Din.

Baca juga: Menko PMK Muhadjir Effendy kehilangan teman dekat
Baca juga: Duka meliputi pemakaman Ketua PP Muhammadiyah Bahtiar Effendy
Baca juga: Din Syamsudin: Bahtiar Effendy adalah sosok cendekiawan sejati

 
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019