Pertukaran dan Kerjasama Budaya Tionghoa Perantauan dan Konferensi Pengembangan Kreativitas Budaya Pemuda Guangdong-Hong Kong-Macao diadakan di Jiangmen, Tiongkok

Pertukaran dan Kerjasama Budaya Tionghoa Perantauan dan Konferensi Pengembangan Kreativitas Budaya Pemuda Guangdong-Hong Kong-Macao diadakan di Jiangmen, Tiongkok

Upacara peluncuran Pertukaran Budaya Penting dan Platform Kerjasama untuk Tionghoa Perantauan (Antara/AsiaNet)

AsiaNet 81676

JIANGMEN, Tiongkok, 15 November 2019 (Antara/Xinhua-AsiaNet)--

Mulai tanggal 13 hingga 15 November, Kota Jiangmen di Provinsi Guangdong mengadakan Pertukaran dan Kerjasama Budaya Tionghoa Perantauan dan Konferensi Pengembangan Kreativitas Budaya Pemuda Guangdong-Hong Kong-Macao di Pusat Pameran & Konferensi Internasional Guangdong Zhuxi. Lebih dari 1.000 orang Tionghoa dan pemuda dari manca negara berpartisipasi. Melalui pertukaran dan saling belajar di antara peradaban, ikatan antar-manusia antara berbagai negara tumbuh lebih kuat. Konferensi ini berfungsi sebagai platform penting untuk membantu dunia memahami budaya Tionghoa.

Kota Jiangmen, yang terletak di pusat kota di tepi barat Delta Sungai Pearl di Provinsi Guangdong, berjarak sekitar 100 kilometer dari daerah metropolitan Guangdong-Foshan dan lingkaran ekonomi Shenzhen-Hong Kong. Ini adalah kota penting di Wilayah Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Macao.

Di antara sembilan kota di Wilayah Teluk Besar, Jiangmen adalah rumah bagi sejumlah besar orang Tionghoa perantauan, yang merupakan ciri khas kota tersebut. Sejarah pelayaran Tionghoa perantauan melintasi lautan dapat ditelusuri kembali ke Dinasti Tang dan Song. Saat ini, lebih dari 4 juta penduduk Tiongkok dan Hong Kong, Makau, dan Taiwan di luar negeri yang berasal dari Jiangmen dan mereka tinggal di 107 negara dan wilayah di seluruh dunia, dengan ini, Jiangmen membanggakan keunggulan yang unik dalam pembangunan Wilayah Teluk Besar. Jiangmen akan menorehkan ciri khasnya dalam membangun klaster kota kelas dunia di Wilayah Teluk Besar melalui integrasi kebutuhan pembangunan Hong Kong dan Makau dengan keuntungannya sendiri dan kerja sama dan pembangunan internal yang lebih dekat untuk Wilayah tersebut.

Liu Yi, Walikota Kota Jiangmen, mengatakan dalam pidato pembukaannya bahwa Rencana Pengembangan Garis Besar untuk Wilayah Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Macao memperjelas bahwa "Jiangmen didorong untuk mengembangkan pertukaran budaya yang penting dan platform kerja sama untuk warga Tionghoa perantauan" . Konferensi ini merupakan langkah penting dalam pemenuhan posisi dan misi baru yang diberikan oleh negara.

Pada upacara pembukaan Konferensi tersebut, Pertukaran Budaya dan Platform Kerjasama Penting untuk Tionghoa Perantauan secara resmi diluncurkan. 12 proyek budaya dan pariwisata ditandatangani di lokasi dengan total investasi 64,7 miliar yuan. Pada saat yang sama, Pusat Kreativitas Budaya untuk Kaum Muda dari Wilayah Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Macao secara resmi diresmikan untuk membangun merek-merek kreativitas budaya yang diciptakan oleh kaum muda di Kawasan Teluk Besar melalui berbagai bentuk pelatihan, pertukaran dan berbagi. Selama Konferensi, Forum Internasional Belt and Road untuk Kerjasama dan Pertukaran Warisan Budaya (2019-Jiangmen) & Pameran Kerajinan Tangan, Konferensi Kreativitas Kebudayaan dan Kewirausahaan dan Inovasi Pemuda  Guangdong-Hong Kong-Macao, Kebudayaan dan Pariwisata dalam Forum Pengembangan Industri Pariwisata Budaya Tiongkok (Jiangmen), kunjungan kelompok serta acara gala malam bertema diadakan. Pesona budaya "Ibukota Tionghoa Perantauan" akan disorot melalui dialog dan komunikasi dengan dunia.

Selain itu, Jiangmen akan mengadakan "2019 China (Jiangmen) Overseas Chinese Carnival" pada bulan November dengan tema "Budaya Wilayah Teluk Besar, Warna-Warni Ibukota Tionghoa Perantauan". Serangkaian 10 kegiatan akan diluncurkan untuk menyoroti keunikan "ingatan kota Tionghoa perantauan" Jiangmen. Karnaval tersebut adalah proyek merek signifikan "budaya Tionghoa perantauan" Jiangmen dan telah berhasil diselenggarakan selama tujuh tahun berturut-turut. Tahun ini akan menekankan pada tiga fitur termasuk kerjasama Shenzhen dan Jiangmen, pertukaran budaya dan saling belajar, dan interaksi warga di seluruh kota untuk memperkuat ikatan orang Tionghoa perantauan melalui pertukaran dan komunikasi.

Sumber: The Important Cultural Exchange and Cooperation Platform for Overseas Chinese

Tautan Lampiran Gambar:
http://asianetnews.net/view-attachment?attach-id=350932
Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2019