Perdagangan internasional harus bisa diakses oleh semua pihak
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani akan mengusulkan konsep perdagangan dunia yang adil dan terbuka dalam pertemuan G20 Parliamentary Speaker’s Summit, di Tokyo, pekan ini.

“Perdagangan internasional harus bisa diakses oleh semua pihak, termasuk oleh negara maju maupun negara berkembang, perusahaan besar, atau usaha kecil menengah (UMKM),” kata Puan lewat keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut Puan, sistem perdagangan global yang inklusif harus dapat menjamin bahwa setiap orang mendapat manfaat dari perdagangan internasional.

Di tengah isu perang dagang China-AS, konsep perdagangan dunia yang terbuka dan adil menjadi relevan, kata Puan saat berada di Tokyo untuk mengikuti pertemuan-pertemuan pendahuluan.

Baca juga: Puan katakan Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020

Puan Maharani dijadwalkan akan memberikan presentasi di depan para ketua parlemen negara-negara G-20 itu pada Senin (4/11).

G20 Parliamentary Speaker’s Summit memberikan kesempatan bagi Ketua Parlemen negara G20 untuk bertukar pikiran tentang upaya yang telah dilakukan guna meningkatkan kerja sama internasional dalam menanggulangi tantangan yang dihadapi masyarakat.

Dalam pertemuan itu, Puan akan memimpin salah satu sesi yang membahas tema pembangunan sosial berkelanjutan. Ia akan membawakan makalah berjudul “Efforts towards Resolution of Global Challenges and Achievements of the SDGs (Financing for Development, Need for Transparent and Effective Government).

Baca juga: Konferensi Menaker G20 dorong pekerjaan yang berpusat pada manusia

“DPR telah membentuk Panja Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pengalaman-pengalaman kita akan saya share di depan para pemimpin parlemen negara-negara maju yang tergabung dalam G-20,” ujarnya.

Menurut Puan, DPR telah menyelenggarakan the World Parliamentary Forum on Sustainable Development (WPFSD) selama 3 tahun berturut-turut.

“Kita mendorong parlemen negara-negara di dunia untuk terlibat aktif dalam kesuksesan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” jelas Puan.

Baca juga: Puan Maharani katakan bantuan sosial harus mampu ciptakan kemandirian ekonomi

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019