Tanjungpinang (ANTARA) - Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mengutamakan kader internalnya diusung pada pilkada serentak 2020, termasuk di Provinsi Kepulauan Riau.

Sekretaris DPW Partai Gerindra Kepulauan Riau, Onward Siahaan, di Tanjungpinang, Minggu, menegaskan, kader yang diusung tentunya politisi yang populer dan potensial memenangkan pilkada.

Gerindra akan melakukan survei untuk mengetahui apakah kader internal yang diusung itu memiliki kemampuan dan disukai masyarakat.

Juga baca: Gerindra masuk kabinet, Syahganda sebut pemerintah semakin kuat

Proses lain, yakni kader yang diusung ditetapkan dalam rapat pimpinan daerah, kemudian hasil rapat itu disampaikan kepada pengurus pusat. "Jadi prosesnya masih panjang, meski waktu pelaksanaan tahapan itu disesuaikan kebutuhan," katanya, yang juga Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kepulauan Riau.

Ia menegaskan Partai Gerindra membuka kesempatan kepada seluruh kader potensial mencalonkan diri pada pilkada di Kepulauan Riau.

Ia menegaskan Partai Gerindra realistis menghadapi pilkada di Indonesia, termasuk di Kepulauan Riau. Artinya, Partai Gerindra potensial mencalonkan kader eksternal jika potensial menang.

"Kami ingin menang, karena itu realistis. Kami tidak akan memaksa kader kami maju seandainya hasil survei tidak memugkinkan," katanya.
 

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019