Kita harus mengenalkan mereka sifat-sifat kepahlawanan,
Bintan, Kepulauan Riau (ANTARA) - Ketua Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional (IKPN) Saharto Sahardjo mengatakan pemerintah harus terus melakukan sosialisasi bagi generasi muda untuk menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan.

"Sosialisasi harus terus dilakukan, tidak cukup hanya dengan seremonial," kata putra bungsu Pahlawan Nasional Dr Sahardjo itu di Bintan, Kepulauan Riau, Jumat.

Sahardjo merupakan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia pada Kabinet Kerja I, Kabinet Kerja II dan Kabinet Kerja III. Sahardjo merupakan tokoh penting dalam bidang hukum di Indonesia. Namanya juga diabadikan sebagai nama jalan di Jakarta Selatan.

Menurut putra kesembilan Sahardjo itu, sangat penting untuk menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan bagi generasi muda agar mereka menjadi SDM unggul dan Indonesia maju.

"Kita harus mengenalkan mereka sifat-sifat kepahlawanan. Sekarang ini zaman internet globalisasi, generasi muda kita bina supaya semangatnya tetap tumbuh untuk jujur, berani, tanpa pamrih bagi kepentingan bangsa," jelas Saharto.

Baca juga: Haikal AFI : Pahlawan masa kini yang tetap lestarikan budaya

Menurutnya pentingnya menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan juga tidak lepas dari wilayah Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan akan menjadi poros maritim dunia.

"Kita punya potensi di 2025 jadi negara kelima ekonomi terbesar dunia, tantangan industri 4.0 maka tanpa ada SDM unggul akan sia-sia," ujarnya.

Jelajah Kapal Kepahlawanan diselenggarakan Kementerian Sosial dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan 2019 yang melibatkan 500 generasi muda dari berbagai unsur mulai pelajar, mahasiswa, santri, ormas dan lainnya.

Baca juga: 500 pemuda ikut Jelajah Kapal Kepahlawanan

Mereka dibekali pengenalan dan pengetahuan nilai kepahlawanan dan juga maritim selama tiga hari mulai 23 hingga 25 Oktober 2019 di atas KRI Banda Aceh 593 sekaligus melakukan bakti sosial di Pantai Sakera Bintan Kepulauan.

"Jelajah Kapal Kepahlawanan sebagai momentum untuk mengenalkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi milenial karena sangat penting kesan bagi mereka dan harus dikemas secara kekinian," kata Ketua Panitia Hari Pahlawan 2019 itu.

Baca juga: Kemensos: Nilai-nilai sosial cegah terjadinya konflik

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019