Polda Papua kembali berikan pemulihan trauma murid SD Wamena

Polda Papua kembali berikan pemulihan trauma murid SD Wamena

Tim pemulihan trauma Polda Papua sedang mengajak anak-anak SD Yapis Wamena, Kabupaten Jayawijaya, bermain dan bernyanyi guna menghilangkan rasa trauma pascakerusuhan dua pekan lalu. ANTARA/Humas Polda Papua

Jayapura (ANTARA) - Polda Papua kembali memberikan pemulihan trauma kepada para murid SD Yapis Wamena, Kabupaten Jayawijaya pascakerusuhan dua pekan lalu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal di Kota Jayapura, Kamis malam mengatakan pemulihan trauma itu untuk mendukung kesehatan mental dan psiko kepada 165 pelajar di sekolah yang terletak di Jalan SD Percobaan Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

"Kegiatan itu dipimpin oleh Kanit 1 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Papua AKP Mince Mayor, yang didampingi AKP Saidah Hobrow, KBO Sat Binmas Polres Jayawijaya Ipda Agustian I, Ipda Try Abryansyah M.Psi, Ipda Ivone AR, dan disaksikan oleh Kepala SD Yapis Wamena, Samsul Muarif dan 19 orang guru," katanya.
Baca juga: Anak-anak korban kerusuhan Wamena bermain dan menari pulihkan trauma

Menurut dia, usai melaksanakan kordinasi kepada guru dan doa pagi bersama, tim pemulihan trauma itu langsung berbagi keceriaan untuk para siswa-siswi di halaman sekolah dengan permainan dan bernyanyi bersama.

"Dengan gerakan sambil membuat lingkaran yang di pimpin oleh Akp Mince Mayor. Kemudian kegiatan dilanjutkan pada sesi pembagian kelas menjadi 6 kelompok pemain untuk melatih konsentrasi dalam game," katanya.

Setelah kegiatan bermain atau game bersama selesai, kata dia, dilanjutkan dengan pembagian alat-alat tulis untuk anak-anak.

"Anak-anak juga diberikan atau dibagikan alat tulis agar nanti bisa digunakan saat belajar mengajar," kata Kamal.
Baca juga: Korban kerusuhan Wamena didampingi untuk pemulihan trauma
Baca juga: Pemerintah bantu pemulihan trauma warga Garut yang pulang dari Wamena


Secara terpihsa, Kepala SD Yapis Wamena Samsul Muarif menyampaikan terima kasih atas bantuan yang di berikan oleh Tim Polda Papua untuk membantu memulihkan kembali mental dan psikologi anak-anak di SD yapis Wamena.

"Besar harapannya kegiatan dukungan kesehatan mental dan psiko ini bisa langsung terus supaya bisa menghilangkan rasa trauma yang di alami anak-anak. Semoga dengan berlangsungnya kegiatan ini anak-anak bisa melupakan kesedihan yang mereka rasakan selama ini," katanya.

Sebelumnya, tim pemulihan trauma dari Polda Papua juga melaksanakan hal yang sama kepada guru-guru dan pelajar di SD Harapan Baliem I yang terletak di Jalan JB Wenas, Wamena, Kabupaten Jayawijaya.
Baca juga: Ingin kembali mengajar, guru di Wamena butuh pemulihan trauma
Baca juga: Kemkes berencana kirim tim pemulihan trauma ke Wamena malam ini
Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019