Labuan Bajo adalah salah satu destinasi utama wisata yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo sehingga dalam upaya menarik sebanyak mungkin wisatawan lokal dan mancanegara perlu diciptakan sebuah pelabuhan yang nyaman bagi penumpang.
Labuan Bajo, NTT (ANTARA) - Kementerian Perhubungan akan memisahkan pelabuhan khusus penumpang dengan kargo di Labuhan Bajo untuk memberikan kelancaran dan kemudahan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata di kawasan Nusa Tenggara Timur tersebut.

"Pemerintah ingin tidak ada tumpang tindih di pelabuhan Labuan Bajo untuk angkutan penumpang dan barang atau kargo. Untuk itu akan kami cari lokasi untuk pelabuhan kargo," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H. Purnomo kepada pers usai Kampanye Keselamatan Pelayaran dan Peringatan Hari Maritim Sedunia 2019 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat.

Dikatakan Agus, Labuan Bajo adalah salah satu destinasi utama wisata yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo sehingga dalam upaya menarik sebanyak mungkin wisatawan lokal dan mancanegara perlu diciptakan sebuah pelabuhan yang nyaman bagi penumpang.

Untuk itu, Kementerian Perhubungan saat ini sedang melakukan studi dan mencari lokasi rencana akan dibangun pelabuhan kargo di Labuan Bajo.

"Menteri Perhubungan bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sedang mengkaji rencana itu dan diharapkan pada tahun depan sudah selesai kajiannya dan segera dimulai pembangunan pelabuhan kargo," katanya.

Baca juga: Kemenhub ajak tingkatkan budaya selamat di Labuan Bajo

Ia mengatakan  belum mengetahui lokasi pelabuhan kargo di Labuan Bajo. "Kita tunggu saja hasil kajiannya selesai agar bisa diketahui. Tentunya kita berharap segera selesai dan dibangun," katanya.

Kemenhub berharap dengan dipisahkan pelabuhan penumpang dan kargo, maka akan bisa memberikan kenyamanan bagi penumpang saat mengunjungi objek wisata, antara lain melihat hewan langka dan dilindungi komodo.

Selain itu, kata Agus, dengan dipisahkan pelabuhan penumpang dan kargo maka jalur kapal di Pelabuhan Labuan Bajo bisa lebih lancar dan mempercepat kapal penumpang.

Pemerintah telah menetapkan 10 destinasi utama Indonesia, yaitu Danau Toba, Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Pulau Morotai, dan Taman Nasional Wakatobi.
Baca juga: Kemenhub pastikan uji petik untuk jamin keselamatan

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019