Begitu banyak jasa beliau bagi bangsa Indonesia, khususnya perkembangan industri transportasi kereta api, pesawat.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengenang sosok dan jasa yang telah dilakukan oleh Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie, dalam Pembukaan Indotrans Expo 2019 sebagai rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional.

"Begitu banyak jasa beliau bagi bangsa Indonesia, khususnya perkembangan industri transportasi kereta api, pesawat. Saya mengutip satu di antara quote beliau, "Di mana pun engkau berada, teruslah menjadi yang terbaik, dan berikan yang terbaik dari yang telah kau berikan"," kata Menteri Budi Karya pada pembukaan Indotrans Expo 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat.

Budi Karya menjelaskan bahwa kutipan BJ Habibie tersebut menjadi semangat dan tauladan bagi insan perhubungan untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi Bangsa Indonesia, tanpa peduli usia dan di mana pun berada.

Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie yang dikenal sebagai Bapak Teknologi Indonesia itu telah berkontribusi dalam kemajuan transportasi, khususnya dalam inovasi bidang penerbangan.

Pencipta Pesawat N-250 yang menjadi cikal bakal berdirinya PT Dirgantara Indonesia itu mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (11/9), pukul 18.05 WIB, di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Baca juga: Kemenhub berkomitmen bersihkan sampah di laut

Pameran Transportasi yang digelar selama tiga hari, 13-15 September 2019, dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan yang kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Indotrans Expo 2019  digelar untuk memperingati Hari Perhubungan Nasional yang pada 2019  mengambil tema "Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Nyata Insan Perhubungan, Untuk Indonesia Unggul, Indonesia Maju".

Budi Karya menargetkan setidaknya 30.000 pengunjung hadir dalam pameran selama tiga hari ini.

Ia berharap pada Hari Perhubungan Nasional 2019, Kemenhub dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) agar transportasi di Indonesia lebih nyaman, aman dan selamat.

"Kegiatan Indotrans Expo ini juga untuk memberikan informasi kepada masyarakat soal perkembangan infrastruktur, sarana dan prasarana, dan sumber daya manusia dalam sektor transportasi di Indonesia," kata Budi Karya.

Dalam momentum kegiatan Hari Perhubungan Nasional tahun ini, Kemenhub bekerja sama dengan stakeholder sektor transportasi menyelenggarakan sejumlah kegiatan seperti : Perhubungan Mengajar, Bersih-Bersih Laut dan Pantai, Sosialisasi Transportasi Ramah Disabilitas, Lomba Vlogger dan Fotografi dengan tema transportasi.

Masyarakat pun diharapkan dapat mengunjungi acara ini untuk mengetahui informasi tentang banyak hal yang sudah dikerjakan para insan perhubungan. Selain itu, ada banyak penawaran menarik dari masing-masing booth peserta pameran Indotrans 2019, salah satunya PT KAI yang memberikan diskon pembelian tiket KA hingga 20 persen.
Baca juga: Menhub ajak insan perhubungan lawan hoaks

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019