388 jamaah kloter 10 tiba di Aceh

388 jamaah kloter 10 tiba di Aceh

Jamaah haji Debarkasi Aceh dalam kloter 10 saat tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Jumat (13/9/2019). (ANTARA/HO)

Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 388 jamaah haji Debarkasi Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 10 tiba di Tanah Air pada Jumat, pukul 00.44 WIB. 

"Alhamdulillah sebanyak 388 jamaah kita kloter 10 tiba dengan selamat di Aceh, dan ada satu jamaah haji kita dalam kloter ini wafat di Tanah Suci," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agam Aceh, Daud Pakeh, di Banda Aceh, Jumat.

Ia menyebutkan, para jamaah haji asal Lhokseumawe, Aceh Selatan, dan Simeulue tersebut mendarat melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, pukul 00.44 WIB.

Baca juga: Tiba di Aceh, empat orang haji dirujuk ke rumah sakit

Baca juga: Dirawat di RS King Faisal, haji tertua gagal kembali ke Aceh

 

"Jamaah yang tiba malam ini terdiri dari 156 orang jamaah laki laki dan 232 jamaah perempuan. Satu yang wafat di rumah sakit King Faisal yakni Tarmizi Bungsu Agam (76) asal Aceh Selatan dan tiga jamaah dimutasi ke kloter lain," katanya.

Selain itu, panitia kesehatan Debarkasi Aceh, dr Maya Sofia mengatakan dalam kloter 10 juga ada satu jamaah yang harus dirujuk ke rumah sakit umum daerah Zainoel Abidin, yakni Sulaiman Achmad Abdul Bahar (72).

"Sulaiman dikonsultasikan ke bagian paru paru karena didiagnosa mengidap penyakit paru obstruktif kronis (COPD) eksaserbasi akut atau pneumonia," katanya.

Hingga saat ini tercatat sudah 3.902 jamaah haji Debarkasi Aceh tiba dengan selamat di daerah berjulukan serambi mekkah tersebut, dan tersisa dua kloter lagi atau sebanyak 749 orang jamaah yang masih berada di Arab Saudi.

Baca juga: 5 kloter haji Aceh telah kembali ke Tanah Air

Pewarta : Khalis Surry
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019