Gunung Kidul (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta sudah mengajukan permohonan pengurangan populasi monyet ekor panjang di Kabupaten Gunung Kidul ke Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menurut petugas balai konservasi.

"Rencananya, pengurangan populasi monyet ekor panjang sebanyak 1.200 ekor atau sekitar 60 sampai 70 persen dari yang ada di Gunung Kidul," kata Agus Sunarto, petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta di Gunung Kidul, Kamis.

Ia mengatakan rencananya pengurangan populasi monyet ekor panjang akan dilakukan oleh pihak ketiga sebagaimana tahun 2010, ketika pihak ketiga mendatangkan warga Suku Badui untuk menangkap ratusan monyet ekor panjang di Gunung Kidul.

"Saat ini, kami hanya mengajukan, nantinya yang menangkap dari perusahaan yang memiliki izin ekspor. KLHK punya kuota 20.000 ekor per empat tahun. Monyet akan diekspor ke Tiongkok dan Amerika," katanya.

Agus mengatakan bahwa populasi monyet ekor panjang di 11 dari 18 kecamatan yang ada di Gunung Kidul sudah menimbulkan keresahan masyarakat, khususnya di Kecamatan Girisubo dan Panggang.

Baca juga: Mengakhiri eksploitasi kera ekor panjang

Di wilayah Kecamatan Girisubo paling tidak ada lima koloni monyet ekor panjang dengan anggota setiap koloni sekitar 50 sampai 100 monyet ekor panjang.

"Monyet ekor panjang masuk ke permukiman warga dan merusak tanaman pangan yang ada di ladang. Hal ini, kami duga disebabkan meningkatnya populasi monyet ekor panjang dan semakin sedikitnya makanan karena musim kemarau panjang," kata Agus.

Ia mengatakan bahwa kawanan monyet ekor panjang diberi ruang untuk berkembang biak, antara lain di kawasan suaka margasatwa di Kecamatan Paliyan, tempat monyet ekor panjang bisa hidup di lahan seluas 400 hektare.

BKSDA Yogyakarta juga sudah menanam ratusan pohon buah-buahan guna menyediakan makanan bagi satwa-satwa tersebut dalam upaya mengurangi konflik antara manusia dan monyet.

BKSDA Yogyakarta menanam sedikitnya 14 jenis pohon buah di kawasan Suaka Margasatwa Paliyan. "Ada ratusan monyet ekor panjang yang hidup di sana," kata Agus.

Baca juga: Serangan monyet di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran terus dicegah
Baca juga: BKSDA Kalteng lepasliarkan monyet ekor panjang di Pararawen

Pewarta: Sutarmi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019