Palembang (ANTARA) - Pemulangan jamaah haji Sumatera Selatan berakhir setelah kelompok terbang 19 tiba di Palembang, Rabu malam.

Pemulangan Kloter pertama dimulai 17 Agustus lalu dan berakhir semalam, kata Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan Saefudin Latief di Palembang, Kamis.

Baca juga: Jamaah haji asal Embarkasi Palembang yang meninggal di Saudi 10 orang

Embarkasi Palembang tahun ini memberangkatkan 8.509 jamaah yang terdiri dari 7.166 orang asal Sumsel dan selebihnya Bangka Belitung.

Jamaah Embarkasi Palembang tersebut dibagi dalam 19 Kloter yang tiga diantaranya jamaah haji asal Bangka Belitung.

Sementara mengenai pemulangan jamaah Kloter 19 sendiri berjalan lancar sama dengan kelompok terbang sebelumnya.

Jamaah Kloter 19 asal Palembang itu berjumlah 441 dan sekarang sudah pulang ketempat tinggal masing - masing.

Sementara Kakanwil Kementerian Agama Sumsel HM Alfajri Zabidi mengatakan, secara umum proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji tahun ini berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Bahkan, lanjut dia, tidak ada keterlambatan pemberangkatan dan kedatangan pesawat yang membawa jamaah Embarkasi Palembang tersebut.

Sehubungan itu pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, mulai dari bidang kesehatan, penerbangan, keamanan dari TNI dan Polri, imigrasi, Asrama Haji Sumsel, panitia daerah.

Selain itu juga keluarga jamaah yang telah bekerja sama dengan baik sehingga proses pemberangkatan dan pemulangan dapat berjalan lancar, tambah dia.

Baca juga: 120 haji asal Belitung tiba di daerah asal

Baca juga: Dirawat di Saudi, seorang haji Pangkalpinang tertunda pulang

 

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019