Makassar (ANTARA) - Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Christopher Aviary pada Deklarasi Apel Kebangsaan di Makassar mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia (NKRI).

"Menyerukan kepada seluruh masyarakat Kota Makassar untuk menjaga persatuan dan soliditas umat dalam menciptakan suasana kondusif dan stabilitas Kamtibmas di wilayah masing masing," ucap Christopher saat membacakan isi Deklarasi Apel Kebangsaan di pelataran Monumen Mandala, Senin.

Selanjutnya, mendukung sepenuhnya upaya aparat penegak hukum untuk menindak tegas dan mengamankan oknum-oknum yang berusaha untuk terus melakukan provokasi antara elemen elemen anak bangsa yang dapat menciptakan konflik horizontal.

Menghimbau kepada umat dan elemen bangsa untuk tidak mudah terpengaruh upaya provokatif dan senantiasa bersikap arif dalam menerima dan menyebarkan informasi kepada siapapun juga, terhindar dan upaya pembenturan antara elemen anak bangsa.

Mendukung Pemerintah Pusat agar segera mengkonsolidasikan dan memberikan pernyataan tegas, agar tokoh-tokoh yang ada di Papua Barat dan Papua, serta seluruh elemen anak bangsa agar kondisi Papua Barat dan Papua dapat segera terkendali, dan senantiasa untuk kembali menciptakan suasana Persaudaraan yang harmonis di kalangan anak bangsa.

Mendorong Pemerintah dan aparat hukum untuk segera bertindak profesional dan proporsional terhadap oknum oknum provokator dengan adil dan konsisten sesuai perundang undangan hukum yang berlaku, terkhusus kepada oknum-oknum yang secara lantang menolak eksistensi dan kedaulatan NKRI.

Menghimbau kepada seluruh komponen media elektronik, online, dan cetak agar senantiasa memberitakan peristiwa ini secara benar, adil, dan penuh hikmah serta kebijaksanaan, sehingga dapat menciptakan kondusifltas dan kamtibmas di wilayah NKRI.

"Dan Menghimbau kepada seluruh komponen bangsa untuk senantiasa menjaga keutuhan NKRI dan sandarkan diri kepada Ilahi Robbi, permantap ibadah serta tawakal kepada Allah SWT," paparnya.

Deklarasi apel kebangsaan terbut dihadiri sejumlah perwakilan Organisasi Kepemudaan, perwakilan mahasiswa Papua, Forum Koordinasi Pimpinan di Daerah (Forkopimda) Kota Makassar dan lainnya.

Baca juga: Makassar gelar Apel Kebangsaan untuk Indonesia Damai
Baca juga: Papua Terkini - Lenis Kogoya minta warga Papua tak terprovokasi hoaks
Baca juga: Papua Terkini - Mewujudkan perdamaian abadi di Papua

 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019