Spesifikasi Mercedes-Benz S 600 Guard, limosin keamanan tertinggi

Spesifikasi Mercedes-Benz S 600 Guard, limosin keamanan tertinggi

Mercedes-Benz Guard, S-Class, S 600 Pullman (Antara News/Daimler AG)

Jakarta (ANTARA) - Mercedes-Benz S 600 Guard merupakan limosin mewah bermesin 12 silinder yang menawarkan perlindungan terhadap ancaman, sehingga sedan dengan wheelbase panjang lebih dari tiga meter itu kerap digunakan sebagai kendaraan dinas petinggi negara hingga pimpinan puncak sebuah perusahaan besar.

Mercedes-Benz S 600 Guard diproduksi khusus di Sindelfingen, Jerman, menawarkan ketahanan dari berbagai ancaman fisik melalui kekuatan cangkang baja pada bodi dan lapisan tertentu pada kaca hingga ban jenis  Run Flat yang bisa tetap dipakai dalam kondisi darurat sekalipun.

Dikutip dari laman resmi induk perusahaan Mercedes-Benz, Daimler, Mercedes-Benz S 600 Guard tidak hanya tahan terhadap proyektil balistik berstandar militer, tapi mobil berukuran panjang 5,4 meter itu dapat melindungi penumpangnya dari serangan granat tangan dan bahan peledak lainnya.

Daimler menyatakan bahwa Mercedes-Benz S 600 Guard memang dirancang dengan tingkat ketahanan B6/B7 (tingkat resistensi Eropa), dan telah diuji dan disertifikasi oleh organisasi yang diakui berbagai negara.

Fitur lain yang membuat Mercedes-Benz S 600 Guard disebut sebagai limusin aman adalah fitur tangki bahan bakar self-sealing yang anti bocor dan sistem pemadam api.

Sebagai kendaraan untuk pesohor dan petinggi negara, Mercedes-Benz S 600 Guard menawarkan dimensi besar, panjang 5.453mm x tinggi 1.498mm x lebar 2.130mm, dengan jarak sumbu roda 3.365mm.

Kendaraan ini juga memiliki sasis yang dikonfigurasikan untuk mengutamakan kenyamanan sehingga penumpang tetap menikmati perjalanan kendati mobil dipacu dengan kecepatan tinggi.

Mercedes-Benz S 600 Guard memakai mesin bensin 5.500cc DOHC Direct Injection dengan tenaga maksimal 530bhp per 4900-5300rpm dan torsi maksimal 830Nm per 1900-4000rpm.

Fitur keselamatan menjadi hal utama dengan hadirnya brake assist plus dan rem pre-safe yang dikombinasikan dengan DISTRONIC PLUS yang digabungkan dengan LED Intelligent Light System, Adaptive High Beam Assist Plus, Exhaust System With Two Chrome-Plated Twin Tailpipes, dan 48.3 cm(19 Inch) Multi-Twin Spoke Light Alloy Wheel.

Dengan keunggulan itu, menurut rencana Presiden Joko Widodo akan memakai Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai pengganti mobil dinas sebelumnyua
Mercedes-Benz S-600 Pullman Guard yang sudah mengaspal sejak era Susilo Bambang Yudhoyono.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengungkapkan dua mobil kepresidenan baru akan segera datang untuk mendukung kegiatan Presiden dan Wapres.

"Berdasarkan informasi yang saya terima, sudah dlakukan prosesnya dan mungkin akhir tahun kendaraan itu sudah dapat diterima," kata Heru di Jakarta, Jumat.

Ia menyebutkan kalau kendaraan itu akan datang pada akhir tahun, sehingga kemungkinan awal tahun depan baru bisa dioperasikan.

Spesifikasi Singkat

Pewarta : Chairul Rohman
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019